Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Risiko Resesi, Ekspor Panca Mitra PMMP ke AS Jalan Terus?

Amerika Serikat menjadi pasar ekspor utama Panca Mitra PMMP.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 26 Juni 2022  |  19:58 WIB
Ada Risiko Resesi, Ekspor Panca Mitra PMMP ke AS Jalan Terus?
Grand launching Ebinoya, salah satu brand milik PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. menyebutkan risiko resesi ekonomi Amerika Serikat (AS) belum berdampak pada kinerja ekspor perseroan ke pasar negara tersebut. Kendati demikian, PMMP terus memantau perkembangan kondisi pasar Negeri Paman Sam terutama untuk semester kedua.

Direktur Utama PMMP Martinus Soesilo menyampaikan akan terus memantau perkembangan kondisi pasar AS dengan tetap fokus pada strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan produk-produk olahan seperti cooked shrimp dan value added shrimp.

“Permintaan atas produk cooked shrimp dan value added shrimp cenderung masih stabil dibandingkan dengan produk-produk komoditas yang mulai menunjukkan penurunan permintaan seiring dengan risiko resesi di Amerika Serikat,” kata Martinus dalam keterangan, Minggu (26/6/2022).

Amerika Serikat memang menjadi pasar utama PMMP selama 2021 dengan kontribusi di kisaran 80 persen sampai 85 persen. Pasar Jepang menyusul dengan kontribusi 10 persen—15 persen, dan pasar lain seperti Eropa, Singapura, Hong Kong dan domestik kurang dari 5 persen.

Martinus menambahkan untuk mengantisipasi dampak dari risiko resesi Amerika Serikat ke kinerja perusahaan, manajemen mulai menyiapkan dan menjalankan sejumlah strategi.

“Yang pertama tentunya dan sudah kami jalankan mulai dari tahun 2020, yakni fokus penjualan cooked shrimp dan value added shrimp yang memiliki demand lebih stabil dan profitabilitas lebih tinggi,” katanya.

Selain itu, PMMP mulai memperluas jaringan dan menambah pelanggan baru. Selama 2022, PMMP mulai merambah pasar ekspor baru, yakni di Korea Selatan dengan produk cooked shrimp dan value added shrimp.

Martinus menambahkan bahwa perseroan juga agresif melakukan pemasaran. Belum lama ini, PMMP turut menghadiri Seafood Expo North America yang diadakan di Boston Convention and Exhibition Center, Boston, Amerika Serikat. PMMP menggunakan kesempatan ini untuk mengenalkan produk-produk milik perseroan kepada para pelaku industri aquaculture di seluruh dunia.

Selain itu, PMMP berencana mengikuti pameran Food and Beverage Trade Exhibition yang diselenggarakan oleh Food & Hotel Indonesia (FHI) pada 26–29 Juli 2022 di JI Expo Kemayoran. Martinus menjelaskan PMPP mulai memperkenalkan produk Ebinoya kepada pelaku industri makanan domestik.

“Kami harap dengan strategi ini kami mampu meningkatkan penjualan pasar domestik kami secara signifikan sebagai bentuk antisipasi perseroan dalam menghadapi risiko resesi Amerika Serikat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor amerika serikat Resesi Kinerja Emiten Panca Mitra Multiperdana PMMP
Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top