Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grup Lippo First Media (KBLV) Raup Rp3,83 Triliun dari Jual Link Net, Duitnya Buat Apa?

First media (KBLV) diketahui memperoleh dana segar sejumlah Rp3,83 triliun, dari penjualan 798.969.286 saham yang mewakili 29,04 persen dari seluruh saham LINK.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 22 Juni 2022  |  19:09 WIB
Logo First Media Business - firstmedia.com
Logo First Media Business - firstmedia.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten Grup Lippo PT First Media Tbk. (KBLV) telah menyelesaikan pelaksanaan transaksi penjualan dan pengalihan seluruh kepemilikan sahamnya di PT Link Net Tbk. (LINK) kepada Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd. dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL).

KBLV diketahui memperoleh dana segar sejumlah Rp3,83 triliun, dari penjualan 798.969.286 saham yang mewakili 29,04 persen dari seluruh saham LINK.

Manajemen KBLV mengatakan, First Media akan menggunakan dana dari transaksi ini untuk memperkuat struktur keuangannya, termasuk melunasi fasilitas pinjaman yang ada, serta untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis berprospektif melalui anak-anak usahanya.

"Dengan industri digital yang telah menjadi lanskap bisnis baru di dunia dan pertumbuhan eksponensial konsumsi media digital di Indonesia, First Media berfokus dalam mengembangkan bisnis di bidang media, pembuatan konten dan penyiaran televisi digital," ujar manajemen dalam keterangan resminya, Rabu (22/6/2022).

Menurut manajemen, didukung oleh sumber daya yang telah dimiliki First Media dan anak-anak usahanya, yakni talent, kapasitas redaksional, branding, serta media untuk menghantar konten, First Media yakin akan kemampuannya untuk berkembang dan bersaing di industri media dan digital.

Sebagai informasi, KBLV bersama Asia Link Dewa Pte Ltd (dikendalikan oleh CVC Capital Partners) menjual seluruh sahamnya kepada Axiata Investments dan EXCL. Saham tersebut berjumlah 1,8 miliar saham yang mewakili 66,03 persen dari seluruh saham Link Net.

Dengan perubahan kepemilikan saham ini, maka saat ini saham LINK sejumlah 1,2 miliar atau setara 46,03 persen digenggam oleh Axiata Investments dan sejumlah 550 juta atau setara 20 persen dimiliki oleh EXCL. Axiata Investments pun resmi menjadi pengendali baru LINK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata grup lippo akuisisi first media axiata group bhd link net
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top