Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom (TLKM) Rancang Smart City di Proyek IKN Nusantara, akan Seperti Apa?

PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) tengah merancang smart city bagi proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid di London Tech Week 2022. (istimewa)
Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid di London Tech Week 2022. (istimewa)

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) tengah merancang smart city bagi proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid mengungkapkan salah satu dukungan digitalisasi yang diberikan Telkom tersebut adalah solusi smart city. Bagi kota dan kabupaten di Indonesia, yang merupakan salah satu dari digital services yang dikembangkan.

Smart city adalah solusi yang ditawarkan Telkom untuk mengakselerasi kota dan kabupaten menjadi kawasan yang cerdas dan modern. Ada pilar utama dalam pengembangan Smart city Telkom, antara lain Smart Infrastructure, Smart Integrated City Ecosystem Management, dan Smart Solution.

"Saat ini, solusi Smart city Nusantara Telkom tengah dirancang untuk diajukan ke otoritas pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selain menyediakan layanan konektivitas terbaik, Telkom Group juga akan menghadirkan solusi digital terbaik melalui pembangunan Intelligent Data Center dengan Smart & Intelligent Network Security sehingga mendorong terwujudnya IKN Nusantara menjadi smart city dengan layanan digital terbaik dan tingkat keamanan siber yang tinggi,” kata Fajrin saat London Tech Week pada keterangan resmi, Sabtu (18/6/2022).

Menurutnya Indonesia adalah negara dengan potensi ekonomi digital yang sangat besar. Hal ini didukung dengan penggunaan internet di Indonesia yang tumbuh pesat bahkan menjadi tertinggi di Asia Tenggara.

“Transformasi digital menjadi komponen yang memainkan peran penting untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan ke depannya. Digitalisasi Indonesia dapat mendorong peningkatan produktivitas nasional, membuka lebih banyak peluang kerja, menciptakan efisiensi dan layanan yang lebih baik, serta meningkatkan akses masyarakat untuk mendapatkan layanan terbaik,” ungkap Fajrin.

Lebih lanjut Fajrin memaparkan, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi BUMN tentunya mendukung penuh upaya pemerintah, khususnya dalam mendorong digitalisasi di berbagai aspek. Dengan infrastruktur yang andal dilengkapi produk dan layanan yang beragam, Telkom hadir menciptakan lingkungan digital, mengembangkan masyarakat digital dan mengakselerasi ekonomi digital melalui tiga domain yaitu connectivity, platform, dan services.

Fajrin juga berkesempatan untuk bertatap muka dengan Staf Khusus Perdana Menteri Inggris Urusan Bisnis Danielle Dove di kantor PM Inggris Downing Street No.10. Pada pertemuan yang berlangsung di ruangan Margareth Thatcher tersebut, Fajrin menyampaikan aspirasi dan harapan agar para investor Inggris dapat melihat Indonesia dengan segala potensi besarnya.

“Kegiatan London Tech Week 2022 ini menjadi momen dan peluang yang baik Telkom untuk memperkenalkan kekuatan Telkom dan juga Indonesia ke publik internasional. Tentunya Telkom pun sangat terbuka dengan berbagai kolaborasi dengan potential partner maupun investor. Semoga partisipasi Telkom dalam kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang baik untuk pengembangan bisnis digital perusahaan,” tutup Fajrin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper