Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Krakatau Steel (KRAS) Mau Terbitkan Obligasi Wajib Konversi Rp800 Miliar

Sehubungan dengan transaksi penerbitan obligasi wajib konversi (OWK), Krakatau Steel (KRAS) bermaksud meminta persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS pada 8 Juli 2022.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 02 Juni 2022  |  14:15 WIB
Krakatau Steel (KRAS) Mau Terbitkan Obligasi Wajib Konversi Rp800 Miliar
Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS) Silmy Karim dalam bincang-bincang bersama wartawan, di Jakarta, Jumat (13/5/2022). - Bisnis/Annisa Kurniasari Saumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten baja PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS) berencana menerbitkan obligasi wajib konversi (OWK) atau mandatory convertible bond (MCB). Penerbitan OWK ini akan dilakukan melalui mekanisme Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Manajemen Krakatau Steel dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, OWK Seri B yang akan diterbitkan perseroan terkait rencana transaksi maksimal Rp800 miliar yang akan dikonversi menjadi saham baru perseroan.

"Sehubungan dengan rencana transaksi, perseroan bermaksud untuk meminta persetujuan dari pemegang saham perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan diselenggarakan pada 8 Juli 2022," ujar manajemen, Kamis (2/6/2022).

Sebagaimana diketahui, emiten plat merah ini telah mendapatkan persetujuan untuk menerbitkan OWK dalam jumlah pokok sebanyak-banyaknya Rp3 triliun. Dari jumlah pokok tersebut, KRAS telah menerbitkan OWK Seri A dengan nilai pokok Rp2,2 triliun melalui mekanisme private placement dalam rangka investasi pemerintah Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hasil penerbitan OWK Seri B ini akan digunakan untuk mendukung likuiditas dan solvabilitas perseroan. Lebih rinci, dana ini akan digunakan untuk pembiayaan modal kerja perseroan untuk pembelian slab, untuk mendukung implementasi strategi relaksasi pembayaran konsumen.

Dengan demikian, KRAS dapat mempertahankan pasar dan operasi industri baja nasional, serta membantu konsumen industri hilir dan industri pengguna.

"Perseroan saat ini tidak berencana untuk melakukan penggunaan dana hasil penerbitan OWK Seri B untuk pembayaran dan atau pelunasan utang perseroan," ucap manajemen.

Adapun berdasarkan perjanjian penerbitan OWK, OWK Seri B wajib dikonversi menjadi saham baru dalam permodalan perseroan pada tanggal jatuh tempo. OWK ini memiliki tenor hingga tanggal 30 Desember 2027.

"Dengan demikian, tidak terdapat opsi pelunasan lain selain konversi menjadi saham pada saat jatuh tempo," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN krakatau steel obligasi wajib konversi Pemulihan Ekonomi Nasional
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top