Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Laba Astra (ASII) Terbang Jadi Rp6,9 Triliun di Kuartal I/2022, Otomotif & Alat Berat Melesat

Penjualan mobil Astra (ASII) meningkat 44 persen menjadi 142.000 unit dengan pangsa pasar meningkat dari 53 persen menjadi 54 persen selama kuartal I/2022.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 April 2022  |  10:47 WIB
Presiden Direktur PT Astra International Tbk. Djony Bunarto Tjondro. Istimewa
Presiden Direktur PT Astra International Tbk. Djony Bunarto Tjondro. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konglomerasi, PT Astra International Tbk. (ASII) mencatat kinerja ciamik sepanjang kuartal I/2022. Kontribusi pendapatan sektor otomotif dan penunjangnya menjadi kunci pemulihan.

Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro menjelaskan grup membukukan kinerja yang baik pada kuartal pertama tahun 2022, didukung oleh pemulihan ekonomi domestik dan harga komoditas yang lebih tinggi.

"Meskipun situasi pandemi telah membaik, Grup diperkirakan akan terus menghadapi ketidakpastian dari Covid-19 dan tantangan eksternal lainnya," jelasnya, Kamis (28/4/2022).

Pendapatan bersih konsolidasian Grup pada kuartal I/2022 sebesar Rp71,9 triliun, meningkat 39 persen dibandingkan dengan kuartal I/2021.

Laba bersih ASII meningkat 84 persen menjadi Rp6,9 triliun, mencerminkan kinerja yang lebih baik dari semua bisnis Grup, khususnya, divisi alat berat dan pertambangan, otomotif, jasa keuangan, serta agribisnis.

"Laba bersih divisi otomotif ASII meningkat 56 persen menjadi Rp2,2 triliun, yang mencerminkan peningkatan volume penjualan. Penjualan mobil nasional meningkat 41 persen menjadi 264.000 unit pada kuartal pertama tahun 2022, di mana beberapa produk mendapatkan insentif sementara pajak penjualan barang mewah," katanya.

Penjualan mobil Astra meningkat 44 persen menjadi 142.000 unit dengan pangsa pasar meningkat dari 53 persen menjadi 54 persen. Selama kuartal ini, telah diluncurkan 17 model baru dan 5 model revamped.

Penjualan sepeda motor secara nasional menurun 2 persen menjadi 1.263.000 unit pada kuartal pertama tahun 2022. Penjualan Astra atas sepeda motor Honda menurun 6 persen menjadi 952.000 unit, yang disebabkan oleh masalah pasokan semikonduktor.

Pangsa pasar juga mengalami penurunan. Selama kuartal ini, telah diluncurkan 1 model baru dan 6 model revamped.

Selain itu, bisnis komponen otomotif grup PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 37 persen menjadi Rp225 miliar pada kuartal I/2022, terutama karena kenaikan pendapatan dari segmen pabrikan, pasar suku cadang pengganti dan ekspor.

Laba bersih perseroan dari divisi alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi juga meningkat 138 persen menjadi Rp2,6 triliun. Hal ini karena kontribusi yang lebih tinggi dari penjualan alat berat, kontraktor penambangan dan pertambangan batu bara.

Laba bersih divisi jasa keuangan ASII meningkat 50 persen menjadi Rp1,5 triliun pada kuartal pertama tahun 2022 dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2021, terutama disebabkan oleh peningkatan kontribusi bisnis pembiayaan konsumen.

Laba bersih dari divisi agribisnis Perseroan meningkat 198 persen menjadi Rp385 miliar. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) yang 79,7 persen sahamnya dimiliki Perseroan, melaporkan peningkatan laba bersih sebesar 198 persen menjadi Rp483 miliar.

Divisi infrastruktur dan logistik ASII mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 181 persen menjadi Rp118 miliar, yang disebabkan oleh kinerja bisnis jalan tol yang lebih baik. Laba bersih dari divisi properti Grup meningkat sebesar 8 persen menjadi Rp53 miliar, terutama karena pengakuan laba yang lebih tinggi dari Asya Residences.

Divisi teknologi informasi, diwakili oleh PT Astra Graphia Tbk (ASGR), mencatatkan laba bersih sebesar Rp12 miliar, dibandingkan Rp1 miliar pada kuartal pertama tahun sebelumnya, terutama disebabkan oleh peningkatan margin operasi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konglomerat Kinerja Emiten astra international Emiten Otomotif
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top