Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Imbal Hasil Obligasi Negara Dekati 7 Persen, Apa Cukup Mengkhawatirkan?

Tekanan pada yield SUN diperkirakan akan berlangsung hingga akhir April 2022 menjelang rapat FOMC yang akan dilangsungkan pada 3-4 Mei mendatang.
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor sekuritas, Jakarta./JIBI-Abdullah Azzam
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor sekuritas, Jakarta./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Tingkat imbal hasil (yield) Surat Utang Negara (SUN) Indonesia semakin mendekati level 7 persen belakangan ini. Namun analis masih optimistis yield tersebut akan perlahan turun pada akhir tahun ini. 

Chief Economist Bank Permata Josua Pardede memperkirakan saat ini pasar surat berharga negara (SBN) alias SUN domestik masih akan mengalami tekanan seiring dengan tren kenaikan yield US Treasury.

Adapun Josua mengungkapkan mulai akhir Maret tercatat bahwa yield US Treasury naik hingga 45 basis poin (bps) yang kemudian juga mendorong kenaikan yield SUN hingga 15 bps.

Berdasarkan data dari World Government Bonds pada Selasa (12/4/2022), tercatat tingkat imbal hasil SUN Indonesia telah menembus level 6,98 persen.

“Meskipun demikian, kenaikan yield SUN relatif rendah dibandingkan dengan kenaikan yield obligasi di negara lainnya, seperti Australia, Singapura, Korea, dan Eropa, yang naik melebihi 20 basis poin,” ungkap Josua kepada Bisnis, Selasa (12/4/2022).

Di sisi lain, Josua menyatakan pergerakan yield dari negara ASEAN juga relatif mirip, misalnya yield dari obligasi Malaysia dan Thailand, yang masing-masing naik 14 bps dan 11 bps.

Josua berpendapat, yang menjadi pendorong kenaikan yield US Treasury adalah ekspektasi kebijakan yang hawkish dari The Fed. Di mana dalam FOMC minutes yang dirilis minggu lalu, terlihat bahwa para anggota FOMC bersiap mengimplementasi kebijakan yang hawkish.

Kebijakan tersebut dipercaya sebagai peredam tekanan inflasi di Amerika Serikat, yang tercatat tinggi.

Oleh sebab itu, tekanan yield ini diperkirakan Josua akan berlangsung hingga akhir April 2022 menjelang rapat FOMC yang akan dilangsungkan pada 3-4 Mei mendatang.

Sementara itu, pergerakan credit default swap (CDS) Indonesia hari ini naik mencapai 99,98, dan cenderung mengalami kenaikan sejak minggu lalu. Jika risiko sentimen tidak membaik baik dari sentimen geopolitik maupun pengetatan kebijakan moneter AS, maka yield SUN menurut Josua berpotensi menembus level 7,0 persen.

“Namun, setelah sentimen tersebut, diperkirakan yield SUN akan secara gradual turun, hingga pada akhir tahun akan berada pada range 6,75 persen - 6,95 persen,” ujar Josua.

Josua juga memperkirakan permintaan lelang SUN di bulan ini akan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan permintaan pada awal tahun karena sentimen negatif di pasar keuangan global.

Selain itu, pergerakan yield yang saat ini cenderung naik, katanya secara umum akan berdampak negatif pada permintaan di lelang SBN, baik konvensional maupun syariah.

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Ramdhan Ario Maruto secara terpisah juga mengungkapkan hal serupa. adanya sentimen global saat ini menyebabkan kenaikan yield SUN dan membuat para pelaku pasar cenderung hati-hati.

“Saya melihat investor domestik kita sebagai tuan rumah akan menopang pasar kita. Dan kalau di luar sudah mulai stabil akan memancing dana asing yang sempat keluar masuk kembali Indonesia,” ungkap Ramdhan saat dihubungi Bisnis, Selasa (12/4/2022).

Dia berpendapat bahwa yield SUN Indonesia menarik dibandingkan negara lain ditambah juga dengan likuiditas yang baik. Oleh sebab itu, Ramdhan masih memproyeksikan yield SUN di akhir tahun berada dalam level 6,8 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper