Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BEI: Gojek Tokopedia (GOTO) Decacorn Pertama yang Listing di Bursa Asean

Bursa Efek Indonesia menyebut GOTO sebagai perusahaan teknologi dengan tingkat valuasi decacorn dan merupakan decacorn pertama yang berhasil tercatat di bursa Asean.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 11 April 2022  |  09:49 WIB
BEI: Gojek Tokopedia (GOTO) Decacorn Pertama yang Listing di Bursa Asean
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan penawaran umum saham perdana (IPO) PT Bukalapak.com berpotensi mengerek nilai kapitalisasi pasar bursa sekitar Rp77,3 triliun hingga Rp87,3 triliun. - Bisnis/Dhiany
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) resmi melakukan pencatatan perdana saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (11/4/2022). GOTO menjadi emiten ke-15 yang tercatat di 2022 dan ke-781 di BEI.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, pencatatan saham GOTO menjadi milestone penting bagi perusahaan, maupun bagi industri pasar modal Indonesia.

Menurutnya, melalui proses go public, GOTO menjadi saham karya anak bangsa dengan ekosistem terbesar di Indonesia dengan raihan dana Rp13,7 triliun dan kapitalisasi pasar Rp400 triliun.

"Hal tersebut menjadikan GOTO sebagai perusahaan teknologi dengan tingkat valuasi decacorn dan merupakan decacorn pertama yang berhasil tercatat di bursa Asean," kata Nyoman, Senin (11/4/2022).

Selain itu, lanjut Nyoman, GOTO menjadi perusahaan rintisan pertama yang tercatat di papan utama BEI. GOTO juga menjadi perusahaan tercatat pertama yang menerapkan struktur permodalan dengan hak suara multipel atau multiple voting shares (MVS).

Regulasi MVS yang memberikan hak suara lebih besar ke pendiri, dibandingkan voting power yang dimiliki pemegang saham biasa, sehingga kebijakan strategis perusahaan sesuai visi dan misi pendirinya.

Nyoman berharap hal ini menjadi pembuka bagi perusahaan startup lainnya untuk melakukan IPO dan mencatatkan efeknya di BEI.

"Bursa berharap GOTO sebagai perusahaan tercatat segera merealisasikan rencana strategis dengan proceed yang tadi, senantiasa berinovasi, serta menjaga transparansi dan akuntabilitas ke publik," ucapnya.

Dia juga berharap, keberhasilan tahapan IPO ini juga bisa dilanjutkan dengan tercapainya keberhasilan perusahaan menjaga kinerja setelah IPO, yang ditunjukkan dengan kinerja fundamental dan kinerja pasar di masa mendatang.

"Bursa akan mendukung GOTO mencapai kinerja terbaiknya, sehingga dapat mencapai kontribusi optimal ke pemegang saham," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bursa Asia bursa efek indonesia StartUp Goto GoTo Gojek Tokopedia
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top