Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dapat Restu OJK, BEI Siap Rilis Waran Terstruktur Semester I/2022

BEI telah mendapat restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait regulasi-regulasi untuk waran terstruktur.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  15:46 WIB
Pengunjung beraktivitas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung beraktivitas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mempersiapkan rilis produk investasi baru yakni structured warrant atau waran terstruktur.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, waran terstruktur merupakan upaya BEI untuk memperdalam variasi produk investasi di Indonesia. Ia berharap kemunculan produk ini dapat dimanfaatkan baik untuk investor maupun anggota bursa sebagai penerbit.

“Produk waran terstruktur juga kami harapkan dapat meningkatkan likuiditas dan aktivitas perdagangan di Bursa Efek Indonesia,” jelasnya dalam Konferensi Pers Rencana Peluncuran Produk Waran Terstruktur, Rabu (30/3/2022).

Hasan mengatakan, BEI juga telah mendapat restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait regulasi-regulasi untuk waran terstruktur. Beberapa regulasi yang telah disiapkan BEI diantaranya adalah Peraturan Nomor I-P tentang Pencatatan Waran Terstruktur di Bursa; Peraturan Bursa Nomor II-P tentang Perdagangan Waran Terstruktur di Bursa; serta Peraturan Bursa Nomor III-P tentang Liquidity Provider Waran Terstruktur di Bursa.

Pemberlakuan peraturan-peraturan tersebut rencananya akan dilakukan pada April mendatang. Sementara itu, pencatatan produk waran terstruktur perdana di BEI dapat dilakukan pada semester I/2022, sekitar bulan Mei – Juni 2022.

Adapun, waran terstruktur adalah efek yang diterbitkan oleh lembaga keuangan, yang memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli sebuah underlying securities pada harga dan tanggal yang telah ditentukan.

Hasan melanjutkan, salah satu keunggulan waran terstruktur untuk investor adalah modal yang lebih kecil dibandingkan membeli saham konvensional. Investor dapat membeli waran terstruktur dan menikmati potensi keuntungan yang optimal seperti pembelian saham.

Selain itu, proses exercise waran akan dilakukan secara otomatis saat jatuh tempo. Investor akan langsung menerima uang tunai apabila posisi waran tersebut in the money atau harga lebih tinggi dari harga pembelian.

Selanjutnya, mekanisme waran terstruktur juga tidak terlalu berbeda dengan waran biasa atau equity warrant.

“Investor kita sudah terbiasa dengan equity warrant, sehingga pemahaman untuk waran terstruktur diharapkan tidak terlalu lama,” jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG saham bursa efek indonesia OJK waran
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top