Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukalapak (BUKA) dan Ashmore (AMOR) Dirikan Buka Investasi Digital

PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) dan PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk. (AMOR) mendirikan perusahaan patungan PT Buka Investasi Digital (BID).
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  14:07 WIB
Ilustrasi Bukalapak, salah satu marketplace di Indonesia
Ilustrasi Bukalapak, salah satu marketplace di Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) dan manajer investasi PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk. (AMOR) mendirikan perusahaan patungan PT Buka Investasi Digital (BID).

Manajemen Ashmore menyebutkan, perusahaan patungan antara AMOR dengan transaksi pendirian BID dilakukan melalui penyetoran modal oleh Ashmore dalam bentuk lainnya (inbreng) berupa saham milik perseroan di PT Buka Investasi Bersama (BIB).

Keterbukaan Informasi ini dibuat dalam rangka mematuhi Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Peraturan POJK No. 31/POJK.04/2015 Tentang Keterbukaan Atas Informasi Atau Fakta Material Oleh Emiten Atau Perusahaan Publik.

"Transaksi Pendirian PT Buka Investasi Digital 28 Maret 2022," papar manajemen Ashmore dalam keterbukaan informasi, Rabu (30/3/2022).

Ashmore Indonesia adalah perusahaan yang melaksanakan kegiatan usaha di bidang manajemen investasi. Transaksi ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan strategi usaha Perseroan di masa yang akan datang untuk menyediakan “all in one” investment platform untuk semua segmen baik individu maupun institusi.

AMOR telah mempertimbangkan dampak dari pendirian BID akan memberikan beberapa manfaat positif terlebih bagi kinerja keuangan perseroan dimasa yang akan datang, serta memberikan manfaat dan menjangkau kebutuhan masyarakat maupun usahanya dalam ketersediaan akses untuk berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan dalam inklusi keuangan serta mendukung ekspansi pasar layanan jasa keuangan

Obyek transaksi adalah 7.500 total saham yang mewakili 20 persen total saham di BIB yang dimiliki perseroan (Saham BIB) yang disetorkan oleh AMOR sebagai setoran modal perseroan di BID dengan nilai Rp50 miliar untuk saham BIB.

Selain itu, Ashmore melakukan suntikan modal dalam bentuk kas sebesar Rp53,13 juta ke dalam BID. Nilai transaksi ini adalah 16,03 persen dari ekuitas AMOR merujuk pada Laporan Keuangan Tahunan yang diaudit tanggal 30 Juni 2021.

Dengan dibentuknya BID, kepemilikan langsung AMOR yang sebelumnya sebesar 20 persen di BIB digantikan dengan 20,06 persen kepemilikan di BID yang direpresentasikan dengan 103.132 lembar saham seri A dan B. Setelah transaksi, BID memiliki 99,70 persen dari BIB sehingga tidak ada perubahan kepemilikan Ashmore secara efektif di BIB.

Setelah transaksi Bukalapak memegang 80 persen saham BID, sedangkan AMOR memegang 20 persen saham BID. Adapun, BID memegang 99,7 persen saham BIB.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi perusahaan patungan pt ashmore asset management indonesia Bukalapak
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top