Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Ditutup Melemah, Gagal Manfaatkan Penurunan Dolar AS

Rupiah ditutup melemah pada hari ini di tengah penurunan dolar AS.
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah pada penutupan perdagangan Selasa (29/3/2022).

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup melemah 0,07 persen atau 10,5 poin ke level Rp14.370. Sepanjang hari, nilai tukar rupiah bergerak di rentang Rp14.357,5-Rp14.372 dengan pelemahan sepanjang tahun 0,75 persen.

Adapun, indeks dolar AS berjangka Juni 2022 melemah 0,04 persen atau 0,04 poin ke level 99,015 pada pukul 15.37 WIB.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menuturkan dolar melemah terhadap mata uang lainnya, hal tersebut karena adanya harapan bahwa pembicaraan damai yang akan dimulai Selasa malam di Turki dapat mengakhiri perang Ukraina-Rusia, yang sekarang memasuki bulan kedua.

"Ukraina dan Rusia akan melanjutkan pembicaraan damai tatap muka di Istanbul, Turki, di kemudian hari. Ukraina mengatakan bahwa tujuan utamanya pada pembicaraan itu adalah untuk mengamankan gencatan senjata untuk pertempuran yang dipicu oleh invasi Rusia pada 24 Februari, meskipun AS juga skeptis terhadap terobosan," urainya, Selasa (29/3/2022).

Bank sentral Jepang membeli sedikit lebih dari US$500 juta dalam bentuk obligasi pada hari Senin dan $2 miliar pada awal Selasa, setelah berjanji untuk melakukan pembelian tak terbatas di pasar hingga Kamis untuk mempertahankan target imbal hasil 10-tahun sebesar 0,25 persen.

Ini sangat kontras dengan sebagian besar bank sentral di seluruh dunia, termasuk Federal Reserve AS, yang menaikkan suku bunga, mendorong imbal hasil masing-masing lebih tinggi.

Pusat keuangan Shanghai juga melaporkan rekor 4.381 kasus COVID-19 tanpa gejala dan 96 kasus bergejala untuk 28 Maret, menurut akun resmi WeChat pemerintah kota. Kota ini juga tetap berada di bawah penguncian dua tahap, sembilan hari.

Di sisi lain, pasar internal terus memantau data ekonomi Indonesia yang positif, setelah pemerintah melalui menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pendapatan negara per Februari 2022 naik 37,7 persen (YoY) yaitu dari Rp219,6 triliun pada Februari tahun lalu menjadi Rp302,4 triliun.

Dalam perdagangan sore ini, mata uang rupiah melemah 10 poin walaupun sebelumnya sempat melemah 15 poin di level Rp14.370 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.360.

"Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.360-Rp14.390 per dolar AS," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper