Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, Selasa 29 Maret 2022

Pergerakan rupiah pada hari ini akan tergantung dari hasil perundingan Ukraina dan Rusia serta indicator global lainnya.
Uang dolar dan rupiah di salah satu money changer di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Uang dolar dan rupiah di salah satu money changer di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerakan rupiah pada hari ini akan tergantung dari hasil perundingan Ukraina dan Rusia serta indikator global lainnya.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam riset hariannya menyampaikan bahwa penguatan dolar terhadap mata uang lainnya kemarin didorong oleh imbal hasil obligasi AS yang tinggi akibat inflasi serta bank of Japan (BoJ) mempertahankan batas imbal hasil implisitnya juga memicu penguatan dolar AS.

Dari dalam negeri, pasar terus memantau perkembangan jelang akhir Maret 2022. Pasar keuangan Indonesia juga kembali ditinggal pergi investor asing. Hal terlihat dari banyaknya dana asing yang keluar dari Tanah Air. Aliran dana asing kembali keluar dari Indonesia setelah sebelumnya mengalir deras masuk ke Indonesia pada pekan lalu.

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan berdasarkan data transaksi 21-24 Maret 2022, nonresiden di pasar keuangan domestik ,terjadi jual neto atau outflow sebesar Rp3,13 triliun. Berbanding terbalik jika dibandingkan pekan lalu yang mengalami beli neto (inflow) sebesar Rp8,23 triliun.

Dengan kondisi demikian, maka berdasarkan data settlement sampai dengan 24 Maret 2022 (ytd), nonresiden di pasar keuangan terjadi jual neto Rp29,87 triliun di pasar SBN dan beli neto Rp24,44 triliun di pasar saham.

Sementara itu, premi CDS Indonesia 5 tahun naik ke level 94,38 bps per 24 Maret 2022 dari 85,47 bps per 18 Maret 2022, sejalan risk off di pasar keuangan global. Naiknya premi CDS mengindikasi tingkat risiko berinvestasi di Indonesia mengalami peningkatan.

 

12:41 WIB
Pembicaraan Damai Ukraina dan Rusia Berimbas pada Dolar

Tim riset MIFX berpendapat EURUSD berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek di hari Selasa (29/3) di tengah outlook penguatan dolar AS. Namun, penurunan dapat terbatas di tengah optimisme pasar terhadap outlook progres pembicaraan damai antara Ukraina dengan Rusia.   

10:31 WIB
Harga Jual Beli Dolar AS Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. pada Selasa (29/3/2022) menetapkan harga beli dolar AS sebesar Rp14.343 dan harga jual sebesar Rp14.373 berdasarkan e-rate.

Berdasarkan bank notes, Bank Mandiri menetapkan harga beli sebesar Rp14.125 per dolar AS dan harga jual sebesar Rp14.475 per dolar AS.

09:46 WIB
Rupiah Dibuka Melemah

Berdasarkan data Bloomberg, pukul 09.02 WIB, nilai tukar rupiah mengalami pelemahan 0,02 persen ke level Rp14.363 per dolar AS.


Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper