Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mandiri Investasi Targetkan Himpun Dana Kelolaan Rp65,7 Triliun Tahun Ini

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, total AUM Mandiri Investasi selama Januari 2022 telah mencapai Rp41,09 triliun.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  16:51 WIB
Mandiri Investasi Targetkan Himpun Dana Kelolaan Rp65,7 Triliun Tahun Ini
Ilustrasi Mandiri Manajemen Investasi - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Optimistis dengan pemulihan ekonomi, PT Mandiri Manajemen Investasi (Mandiri Investasi) menargetkan peningkatan capaian asset under management (AUM) atau dana kelolaan pada tahun ini sebesar Rp65,7 triliun.

Mengutip siaran resmi Mandiri Investasi, disampaikan bahwa target tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp1 triliun setelah pada 2021 perusahaan mengelola AUM sebesar Rp64,7 triliun.

Sementara itu, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, total AUM Mandiri Investasi selama Januari 2022 telah mencapai Rp41,09 triliun dengan total unit penyertaan sebanyak 28,03 miliar unit.

Direktur Utama Mandiri Investasi Aliyahdin Saugi meyakini kondisi ekonomi dan investasi di Indonesia tahun ini masih akan bertumbuh cukup baik. Walaupun kondisi ekonomi dan politik global berada dalam tekanan imbas dari ketegangan geopolitik akibat invasi Rusia ke Ukraina.

“Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menjadi indikator masuknya investasi asing ke pasar modal, pekan lalu sempat menyentuh level psikologis di 7.000,” ungkap Aliyahdin dalam keterangan resmi dikutip, Kamis (24/3/2022).

Pria yang kerap disapa Adi itu melanjutkan, capaian IHSG tersebut menunjukkan bahwa investor asing menilai positif upaya pemerintah dan stakeholder dalam pemulihan kondisi perekonomian dan investasi di Indonesia.

Sementara itu, berdasarkan data Bloomberg pada penutupan perdagangan hari ini, Kamis (24/3/2022), IHSG kembali menyentuh level tertingginya yaitu dengan menguat 0,77 persen atau 53,57 poin sehingga parkir di level 7.049,69.

Seiring dengan capaian IHSG tersebut, investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih atau net buy sebesar Rp1,85 triliun. Sementara total transaksi tercatat sebesar Rp15,72 triliun.

Menurut Adi, tren positif tersebut tak lepas dari keberhasilan pemerintah menangani pandemi Covid-19 mulai dari pelaksanaan vaksinasi massal, pengelolaan pola pergerakan masyarakat, hingga memberikan berbagai macam stimulus kebijakan yang tepat sasaran.

Optimisme inilah yang juga menjadi salah satu alasan Mandiri Investasi meningkatkan AUM perusahaan manajer investasi tersebut.

Maka untuk mencapai target tersebut,Mandiri Investasi dalam waktu dekat akan meluncurkan delapan produk reksa dana baru yang terbagi dalam berbagai kelas aset mulai dari pasar uang hingga saham.

Namun dengan masih adanya pandemi hingga saat ini, Adi menyampaikan bahwa ketidakpastian pada pemulihan ekonomi juga masih tinggi.

Komisaris Utama Bank Mandiri Chatib Basri di kesempatan yang sama turut mengingatkan pemerintah untuk menyikapi dampak dari perang Rusia-Ukraina secara hati-hati.

Terlepas dari itu, dia mengharapkan semester dua tahun ini ekonomi akan mulai membaik seiring dengan penanganan Covid-19 yang berjalan baik.

Sejalan dengan itu, Managing Partner Verdhana Sekuritas Heriyanto Irawan juga optimistis dengan kondisi perekonomian indonesia yang menurutnya berpeluang tumbuh signifikan.

“Kuncinya adalah transformasi yang dilakukan pemerintah, salah satunya dengan melakukan hilirisasi mineral,” ungkapnya.

Hilirisasi mineral tersebut ungkapnya terbukti memberikan nilai tambah, dan meningkatkan pendapatan negara dari ekspor mineral yang telah diolah lebih lanjut, daripada mengekspor material mentah.

Lebih jauh, menurutnya peningkatan devisa dari ekspor komoditas tersebut membuat pergerakan rupiah stabil dan dapat membiayai pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mandiri investasi reksa dana dana kelolaan pt mandiri manajemen investasi
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top