Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHSG Ditutup Naik, Saham Bank dan Batu Bara Dijual Asing

IHSG parkir pada posisi 6.955,18, naik tipis 0,21 poin di tengah aksi jual investor asing di pasar saham.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 21 Maret 2022  |  15:05 WIB
IHSG Ditutup Naik, Saham Bank dan Batu Bara Dijual Asing
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (19/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat tipis pada perdagangan hari ini, Senin (21/3/2022), di tengah aksi jual asing terhadap saham-saham perbankan dan pertambangan baru bara.

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 15.00 WIB, IHSG parkir pada posisi 6.955,18 atau naik 0,21 poin. IHSG sempat mencatatkan posisi tertinggi pada level 6.974,15 dan terendah 6.929,94.

Tercatat, 232 saham menguat, 284 saham melemah dan 170 saham bergerak ditempat. Investor asing mencatatkan aksi net foreign sell Rp522,05 miliar di seluruh pasar jelang penutupan.

Investor asing tercatat menjual saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebesar Rp190,3 miliar, atau yang terbanyak pada hari ini. Menyusul dibelakangnya adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) senilai Rp133,6 miliar, dan PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) sebesar Rp69,6 miliar.

Saham PT Borneo Olah Sarana Sukses Tbk (BOSS) menjadi top gainers teratas pada penutupan setelah naik 16,28 persen ke level Rp100. Menyusul di belakangnya adalah PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan PT Matahari prima Putra Tbk (MPPA) dengan penguatan masing-masing sebesar 11,9 persen dan 11,29 persen.

Sebelumnya, Analis NH Korindo Sekuritas Dimas Pratama menerangkan Bursa Wall Street kembali ditutup menguat pada Jumat (18/3/2022), dengan Nasdaq pimpin kenaikan hingga lebih dari 2 persen.

"Selain melambatnya kenaikan harga minyak, rencana agresif the Fed mengantisipasi kenaikan inflasi, menjadi sentimen positif akhir pekan," paparnya dalam riset harian, Senin (21/3/2022).

Di sisi lain, pembicaraan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping mengenai krisis Ukraina berakhir tanpa kejutan besar, dan kedua belah pihak menekankan perlunya solusi diplomatik krisis tersebut.

Dari bursa domestik, IHSG ditutup melemah tipis 0,14 persen ke level 6.954,97 akhir pekan; ditandai dengan pelemahan pada 5 dari 11 sektor.

"Pekan ini, minimnya sentimen baru dari dalam negeri, membuat investor akan lebih cenderung mencermati katalis dari global. Dalam perdagangan awal pekan, IHSG kembali mencoba menjaga pergerakan pada rentang 6.900-7.100," katanya.

NH Korindo memperkirakan IHSG bakal turut terbawa sentimen positif dari global dan bergerak ke zona hijau atau rebound dari penutupan akhir pekan lalu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI bca adaro
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top