Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Rencana IPO Kopi Kenangan, Simak Sepak Terjangnya!

Kopi Kenangan telah menjadi unikorn, yakni perusahaan rintisan dengan valuasi di atas Rp14 triliun ini memperoleh pendanaan seri C senilai Rp1,3 triliun pada tahun 2021 lalu.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 21 Maret 2022  |  20:31 WIB
Ilustrasi Light Coffee Series Kopi Kenangan - Antara
Ilustrasi Light Coffee Series Kopi Kenangan - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kopi Kenangan telah menjadi New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara. Lalu, akankah Kopi Kenangan mengikuti jejak unicorn lainnya seperti PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) untuk menawarkan saham perdana ke publik atau IPO?

PR & Communications Kopi Kenangan, Ruth Davina mengungkapkan belum ada rencana terkait IPO Kopi Kenangan.

“Terkait IPO kami belum ada rencana. Nanti kalau sudah ada pembicaraan ke arah sana, akan kami kabari ya,” ujar Ruth kepada Bisnis, (21/3/2022).

Sebelumnya, santer terdengar kabar Kopi Kenangan yang akan IPO di rentang waktu 2022-2023. Perusahaan rintisan yang telah memiliki valuasi di atas Rp14 triliun ini memperoleh pendanaan seri C senilai Rp1,3 triliun pada tahun 2021 lalu.

CEO dan Co-Founder Kenangan Brands, Edward Tirtanata menyatakan, pencatatan penjualan yang baik dari setiap produk Kenangan Brands sejalan dengan peningkatan kualitas melalui program training karyawan. Program ini setidaknya sudah diberikan ke lebih dari 10.000 karyawan.

“Kopi Kenangan mencatatkan penjualan lebih dari 3 juta gelas setiap bulan. Sedangkan untuk Cerita Roti, tercatat penjualan sebesar 6,4 juta dalam setahun, Chigo dengan lebih dari 1 juta produk, dan Kenangan Manis yang baru saja diluncurkan pada Oktober 2021 sudah berhasil menjual 20.000 cookies dalam sebulan,” terang Edward dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Dilansir dari keterangan resmi pihak perusahaan, bisnis kopi yang telah dimulai sejak 2017 ini mencatatkan penjualan pada aplikasi Kopi Kenangan hingga 188 persen.

Sejumlah penghargaan pun telah diraih oleh Kopi Kenangan, seperti Brand of The Year dari World Branding Awards International Forum di kategori Cafe Chain 2021-2022. Selain itu ada Sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environmental) yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf pada Januari 2021.

Saat ini tak kurang dari 622 gerai yang tersebar di 45 kota telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Penggunaan bahan baku Kopi Kenangan pun dilaporkan meningkat pada 2021, yakni sebesar 58,8 persen mencakup biji kopi, gula aren, susu, dan sirup.

Tidak hanya kopi, grup Kenangan Brands yang menaungi Kopi Kenangan juga merambah ke lini usaha kuliner lain, seperti produk olahan ayam goreng Chigo. Adapun produk lainnya yang ditawarkan Kopi Kenangan di antaranya Cerita Roti, Kenangan Heritage, Kenangan Manis, dan produk terbaru ready to drink dengan nama Kopi Kenangan Hanya Untukmu.

Sebelumnya pada (11/3/2022) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut bahwa kopi berkontribusi terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) nasional hingga 16,15 persen.

Produksi kopi yang kian bertambah hingga 210 persen dalam 10 tahun terakhir menempatkan Indonesia di posisi ke-4 negara penghasil kopi terbesar dunia, di bawah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Bisnis kopi diperkirakan akan dapat terus menghasilkan cuan, mengingat pertumbuhannya di masa pandemi Covid-19 yang meningkat hingga 20 persen. Meski sempat menyusut di awal 2020, bisnis kopi bisa kembali rebound di tahun 2021.

Setidaknya ada 7 juta keluarga yang menggantungkan hidup dari industri kopi. Indonesia juga memiliki keuntungan secara geografis untuk mengembangkan industri kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo Unicorn kopi kenangan Goto
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top