Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anak Usaha PGN (PGAS) Mau Buyback Obligasi Global Rp3,14 Triliun

Saka Energi menaikkan target buyback obligasi global menjadi US$220 juta atau setara Rp3,14 triliun (asumsi kurs Rp14.300) dari target awal US$200 juta.
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 14 Maret 2022  |  16:19 WIB
Fasilitas CPP milik Saka Energy. Istimewa - SKK Migas
Fasilitas CPP milik Saka Energy. Istimewa - SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – PT Saka Energi Indonesia, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) atau PGN, menyelesaikan penawaran tender obligasi global yang akan dibeli kembali (buyback) oleh perseroan.

Saka Energi sebelumnya mengumumkan rencana tender offer kepada pemegang obligasi global pada 28 Februari 2022. Surat utang tersebut memiliki tingkat bunga 4,45 persen dan jatuh tempo pada 2024 dengan total pokok US$625 juta.

Penawaran tender offer obligasi global ditutup pada 11 Maret 2022. Selama periode pelelangan awal, pemegang obligasi global yang ingin obligasinya dibeli kembali oleh Saka Energi melampaui target, yakni mencapai jumlah agregat US$377,57 juta.

Saka Energi semula hanya menargetkan buyback obligasi maksimum US$200 juta.

“Perseroan mengumumkan bahwa sesuai dengan ketentuan penawaran tender, dengan ini meningkatkan batas tender menjadi US$220 juta dari total pokok surat utang,” jelas manajemen Saka Energi dalam pengumuman di Bursa Efek Singapura, Senin (14/3/2022).

Saka Energi akan melakukan pembayaran untuk obligasi yang dilelang pada 16 Maret 2022. Perseroan akan membayar sejumlah US$985,00 untuk US$1.000 pokok obligasi yang dimiliki investor. Pembayaran juga ditambah dengan bunga yang masih harus dan belum dibayar.

Setelah transaksi ini, Saka Energi memiliki sisa utang obligasi global yang jatuh tempo 2024 sejumlah US$405 juta. Aksi buyback obligasi global ini merupakan langkah proaktif perseroan dalam mengelola surat utang. Perseroan membiayai buyback dari ketersediaan dana kas internal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PGN perusahaan gas negara obligasi global Saka Energi
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top