Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sektor Otomotif dan Energi Beri Kontribusi Besar ke Kalla Group

Kalla Group, menyampaikan unit bisnis otomotif dan energi memberikan kontribusi besar bagi grup.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 23 Februari 2022  |  20:30 WIB
Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla bertemu ulama-ulama membahas rencana perwujudan perdamaian di Afghanistan, Rabu (23/12 - 2020) / Tim Media JK
Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla bertemu ulama-ulama membahas rencana perwujudan perdamaian di Afghanistan, Rabu (23/12 - 2020) / Tim Media JK

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan konglomerasi asal Makassar, Kalla Group, menyampaikan unit bisnis otomotif dan energi memberikan kontribusi besar bagi grup.

Chief Legal Officer dan Corporate Secretary Kalla Group Subhan Djaya Mappaturung menuturkan, kontribusi terbesar terhadap kinerja Kalla Group datang dari sektor otomotif.

"Otomotif ini jadi 'ibunya' perusahaan ini. Dari situ berkembang ke bisnis lain. Untuk sementara, kontribusi paling besar dari otomotif, kemudian dari sektor energi," ujar Subhan dalam Media Visit Kalla Group ke Bisnis Indonesia, Rabu (23/2/2022).

Di sektor energi, Subhan menyatakan pihaknya juga mencoba masuk ke sektor energi baru terbarukan (EBT) melalui beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).


Hingga saat ini, Kalla Group tercatat mengelola beberapa PLTA seperti PLTA Poso 1, PLTA Poso 2, PLTA Poso 3, PLTA Kerinci, PLTA Malea, dan PLTA Mamuju. PLTA milik Kalla Group ini menghasilkan total 1.980 MegaWatt (MW) listrik di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, pengembangan di EBT terus dilakukan perseroan dengan menambah kapasitas listrik yang dihasilkan, serta mencari alternatif energi terbarukan lainnya seperti panas bumi.

Selain otomotif dan energi, menurut Subhan kontribusi juga datang dari Bumi Karsa yang merupakan perusahaan jasa konstruksi dan pembangunan infrastruktur. Tidak hanya di Makassar, dia menyebut Bumi Karsa telah mengerjakan proyek-proyek di seluruh Indonesia.

"Kami harap Bumi Karsa jauh lebih besar kontribusinya di masa yang akan datang. Begitu juga dari sektor lain seperti properti, agar kontribusinya semakin besar," tuturnya

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi konglomerat otomotif jusuf kalla
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top