Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pacu Pendapatan, MARK Rambah Pasar Amerika Serikat

Pada 2021, Mark Dynamics (MARK) mampu meraup penjualan Rp1,1 triliun dan laba bersih Rp397 miliar.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 31 Januari 2022  |  05:40 WIB
Presiden Direktur PT Mark Dynamics Indonesia Tbk, Ridwan Goh. Istimewa
Presiden Direktur PT Mark Dynamics Indonesia Tbk, Ridwan Goh. Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Emiten cetakan sarung tangan PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK) memacu penjualan ke pelanggan baru asal Amerika Serikat pada tahun ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya, setidaknya ada tiga pelanggan asal Negeri Paman Sam yang sudah menampung produk cetakan sarung tangan MARK. Pada tahun 2022 ini, MARK akan memenuhi permintaan dari 13 customer asal negara tersebut.

"Tahun lalu kami di China melakukan diversifikasi, dan penambahannya sekitar 20-30 persen customer. Tahun ini mungkin prospeknya ke Amerika Serikat," ujar Presiden Direktur PT Mark Dynamics Indonesia Tbk Ridwan Goh kepada Bisnis, Minggu (30/1/2022).

Sebagai pemain tunggal, bisnis cetakan sarung tangan MARK tercacat terus mengalami tren positif.

Pada 2021, MARK mampu meraup Rp1,1 triliun dari hasil penjualan produknya. Jumlah ini meningkat 100 persen dibanding catatan 2020 senilai Rp565 miliar.

MARK pun mencatatkan laba bersih senilai Rp397 miliar, meningkat signifikan dibanding laba bersih 2020 yang tercatat Rp144 miliar.

Produk sarung tangan buatan Indonesia ini dijual ke berbagai negara seperti Seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan China. Selain itu juga ada tiga customer asal Amerika Serikat.

Ridwan tak memungkiri bahwa pandemi Covid-19 turut berkontribusi besar mendongkrak pendapatan fantastis perusahaan pada tahun 2021. Pandemi membuat kesadaran global terhadap kesehatan meningkat. Termasuk menyebabkan permintaan sarung tangan medis melonjak.

Akan tetapi, menurut Ridwan, angka permintaan sebenarnya sudah konsisten meningkat bahkan sebelum pandemi merebak. Peningkatannya mencapai sekitar 10 persen tiap tahun. Selain fokus memenuhi tingginya permintaan, lanjut Ridwan, MARK juga berupa tetap menjaga kualitas produknya.

"Tapi memang boleh dibilang tahun 2021 lalu itu paling cemerlang dan tertinggi sepanjang masa," kata Ridwan.

PT Mark Dynamics Indonesia Tbk atau MARK merupakan produsen cetakan sarung tangan berbahan porselen untuk keperluan medis, rumah tangga dan industri manufaktur.

Perseroan berdomisili di Kawasan Industri Medan Star, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. MARK merupakan satu-satunya produsen cetakan sarung tangan berorientasi ekspor dari dalam negeri.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat laba bersih Kinerja Emiten Mark Dynamics Indonesia
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top