Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO Adhi Commuter Properti (ADCP) Incar Rp1,6 Triliun, Masuk Bursa 23 Februari

Adhi Commuter Properti (ADCP) melakukan aksi penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dengan target dana sebanyak-banyaknya Rp1,60 triliun
LRT City Jatibening, salah satu proyek PT Adhi Commuter Properti Tbk.
LRT City Jatibening, salah satu proyek PT Adhi Commuter Properti Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA - Entitas usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI), PT Adhi Commuter Properti Tbk. (ADCP) akan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 23 Februari 2022.

ADCP melakukan aksi penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dengan target dana sebanyak-banyaknya Rp1,60 triliun yang akan digunakan untuk kepentingan ekspansi.

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan lewat harian Bisnis Indonesia hari ini, Kamis (21/1/2022), anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk. itu akan menawarkan sebanyak-banyaknya 8.011.204.500 (8,01 miliar) saham  atau setara 28,6 persen dari modal ditempatkan dan disetor.

Nilai nominal Rp100 sedangkan harga penawaran awal ditetapkan Rp130-Rp200 per saham. Dengan demikian, ADCP berpotensi meraup dana segar sebanyak Rp1,04 triliun-Rp1,6 triliun dalam aksi korporasi ini.

ADCP berencana menggunakan 45 persen dari dana IPO ini untuk pengembangan proyek eksisting dan proyek recurring. Selanjutnya 35 persen dari dana IPO akan digunakan untuk akuisisi atau pengembangan lahan baru.

Sedangkan 20 persen sisanya bakal digunakan untuk pembayaran kembali sebagian pokok Obligasi Seri A.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Bahana Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, PT Maybank Sekuritas Indonesia, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, PT RHB Sekuritas Indonesia, dan PT Sucor Sekuritas. Sedangkan penjamin emisi efek akan ditentukan kemudian.

Indikasi jadwal IPO ADCP, perkiraan masa penawaran awal 27 Januari-7 Februari 2022. Tanggal efektif 14 Februari 2022, masa penawaran umum 15-21 Februari 2022, tanggal penjatahan 21 Februari 2022, dan tanggal distribusi saham secara elektronik 22 Februari 2022

"Tanggal pencatatan saham ADCP di Bursa Efek Indonesia pada 23 Februari 2022," seperti dikutip dari prospektus.

Mengutip keterangan di situs perseroan, PT Adhi Commuter Properti (ADCP) merupakan pengembang properti berbasis transportasi massal (TOD) pertama dan terbesar di Indonesia.

ADCP merupakan salah satu anak usaha perusahaan Milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Adhi Karya (Persero), Tbk. yang bergerak di bidang Property, Hospitality & Support.

Dimulai dari divisi Transit Oriented Development (TOD) Adhi Karya di tahun 2015 dan berkembang menjadi entitas terpisah pada tahun 2018. PT Adhi Commuter Properti didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam menyediakan kawasan hunian terintegrasi dan support facilities di area sekitar jalur Light Rail Transit (LRT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper