Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 di Tokyo Melonjak, Indeks Topix Terhempas ke Zona Merah

Indeks Topix ditutup melemah 0,59 persen ke level 1.927,18. Sementara itu, indeks Nikkei 225 melemah 0,9 poin ke level 27.522,2t6t.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 21 Januari 2022  |  14:49 WIB
Tokyo Stock Exchange. - Bloomberg
Tokyo Stock Exchange. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Topix Jepang terkoreksi dan mencatat pelemahan mingguan terburuk sejak November 2021 pada perdagangan Jumat (21/1/2022), di tengah kekhawatiran atas kenaikan suku bunga AS dan lonjakan kasus Covid-19 di Tokyo.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Topix ditutup melemah 0,59 persen ke level 1.927,18. Sementara itu, indeks Nikkei 225 melemah 0,9 poin ke level 27.522,2t6t.

Indeks Topix menutup pekan terburuk sejak November. Saham emiten elektronik menjadi penekan terbesar setelah indeks Nasdaq AS yang padat teknologi ditutup berbalik melemah.

Analis Sumitomo Mitsui Trust Bank Ayako Sera mengatakan Sebagian investor di Jepang tidak mendapatkan kesempatan untuk membeli asset berisiko dan saat ini menunggu harga saham turun.

"Saham Jepang belum cukup naik bagi banyak investor untuk mengantongi keuntungan,” uajr Ayako, seperti dikutip Bloomberg, Jumat (21/1/2022).

Indeks Topix melemah 2,6 sepanjang pekan ini setelah Tokyo dan bagian lain di Jepang memasuki keadaan darurat selama tiga pekan untuk meredakan penyebaran pandemic Covid-19.

Media local mengatakan pemerintah berencana untuk memperluas pengetatan ke delapan prefektur lagi termasuk Osaka dan sekitarnya.

Ketidakpastian pasar telah mendorong volatilitas tersirat dari indeks Nikkei 225 Stock Average ke level tertinggi sejak 7 Desember.

"Ketidakstabilan pasar kemungkinan akan bertahan hingga Maret, sampai investor melihat hasil pertemuan Federal Reserve AS untuk bulan ini," kata Toshiaki Iwasaki, analis di Mito Securities Co. di Tokyo.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa jepang indeks topix
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top