Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inbreng Saham ke Induk Baru Rampung, Kinerja IPCC Siap Ngegas

Adanya integrasi Pelindo juga dapat meningkatkan konektivitas dan standarisasi pelayanan pelabuhan guna mendukung penurunan biaya logistik nasional.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  17:00 WIB
Petugas mengatur alur mobil-mobil yang siap diekspor di Dermaga PT Indonesia Kendaraan Terminal, Jakarta, Selasa (12/2/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Petugas mengatur alur mobil-mobil yang siap diekspor di Dermaga PT Indonesia Kendaraan Terminal, Jakarta, Selasa (12/2/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Prosesi merger PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo telah rampung seiring proses inbreng anak usaha 4 Pelindo yang selesai dieksekusi. Emiten grup Pelindo, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) pun siap meningkatkan kinerjanya.

Dari hasil penggabungan tersebut, dibentuklah struktur organisasi perusahaan yang terdiri atas empat regional dengan sejumlah cabang dan pembentukan entitas baru sebagai subholding yang membawahi sejumlah anak perusahaan dari eks- Pelindo I hingga Pelindo IV.

Emiten bersandi IPCC ini berada pada klaster nonpeti kemas dengan PT Pelindo Multi Terminal sebagai entitas baru subholding. Dengan demikian, yang menjadi pemegang saham mayoritas IPCC ialah subholding PT Pelindo Multi Terminal. Kepemilikan ini setelah terjadinya pengalihan saham dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) selaku pemilik 71,28 persen saham IPCC kepada subholding PT Pelindo Multi Terminal.

Adapun, proses inbreng saham dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) kepada subholding PT Pelindo Multi Terminal secara resmi dilakukan pada 3 Januari 2022.

Direktur Utama Indonesia Kendaraan Terminal Rio T.N Lasse menyampaikan inbreng saham akan membantu dan memperkuat posisi IPCC dalam melakukan ekspansi di sejumlah pelabuhan, khususnya pelabuhan yang sebelumnya dimiliki oleh Pelindo I hingga IV.

“Adanya pengklasteran tersebut dapat membantu kami memperkuat posisi IPCC untuk dapat bekerja sama dengan sejumlah pelabuhan yang menjadi incaran kami. Usai inbreng saham tuntas, support dari subholding akan membantu kami dalam merealisasikan sejumlah ekspansi dan kerja sama tersebut," jelasnya, Senin (10/1/2022).

Selain itu, adanya integrasi Pelindo juga dapat meningkatkan konektivitas dan standarisasi pelayanan pelabuhan guna mendukung penurunan biaya logistik nasional serta mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional.

Dampak merger Pelindo memberikan kemudahan akses dalam mendekati maupun penjajakan kerja sama bisnis dengan sejumlah cabang tersebut.

Hal ini karena semua cabang dan anak perusahaan telah berada dalam satu komando di bawah arahan Pelindo dengan tujuan menciptakan konektivitas antar wilayah, sehingga sangat mungkin terjadi kolaborasi di antara cabang dan anak perusahaan di bawah Pelindo.

Sejumlah strategi penjajakan kerja sama, khususnya di dalam internal Pelindo Group tengah dilakukan.

Di bawahnya Pelindo terdapat 4 wilayah regional yang masing-masing terdapat cabang Pelabuhan milik Pelindo. Regional 1 terdapat 15 cabang Pelabuhan. Regional 2 terdapat 12 cabang Pelabuhan. Regional 3 paling banyak, terdapat 40 cabang Pelabuhan. Regional 4 terdapat 28 cabang Pelabuhan.

"Total ada 95 cabang Pelabuhan eks masing-masing Pelindo. Dengan melihat banyaknya cabang tersebut tentu menjadi potensi pasar yang bisa digarap dan dikerjasamakan dengan IPCC, khususnya untuk Pelabuhan yang menjadi Terminal RoRo," katanya.

Perseroan tengah melakukan pemetaan cabang-cabang mana yang bisa dikerjasamakan dan tentunya berkaitan dengan bisnis Terminal Kendaraan. Rio pun optimistis kerjasama dengan sejumlah pelabuhan secara bertahap dapat segera direalisasikan pada 2022

Sebagai informasi, IPCC telah menuntaskan perjanjian kerja sama pengoperasian Terminal RoRo di Pelabuhan Cabang Belawan dan mulai beroperasi pada awal Januari 2022. Selanjutnya, IPCC juga akan melakukan penjajakan dengan Pelabuhan lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo merger IPCC Terminal
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top