Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Metrodata (MTDL) Jadi Distributor TigerGraph Pertama di Indonesia

TigerGraph juga akan bekerjasama dengan anak usaha MTDL lainnya, yaitu PT Mitra Integrasi Informatika (MII).
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis/Abdurachman
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi, PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL) melalui anak usahanya PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) ditunjuk sebagai Mitra Distributor pertama TigerGraph di Indonesia untuk solusi Graph Analytic.

Selain ditunjuk sebagai Distributor melalui SMI, TigerGraph juga akan bekerjasama dengan anak usaha MTDL lainnya, yaitu PT Mitra Integrasi Informatika (MII). Kerjasama dengan MII dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman pada 11 November 2021.

Hal ini untuk mendukung penerapan Graph Analytics yang ditujukan bagi profesional dalam industri dan para mahasiswa, yang diterapkan dengan Big Data, Business Analytics, Artificial Intelligence (AI), dan Machine Learning (ML). TigerGraph merupakan penyedia platform Graph Analytics terkemuka asal Amerika Serikat.

Direktur Synnex Metrodata Indonesia Lie Heng mengatakan sudah melihat peningkatan permintaan data grafik dan analitik dari pelanggan-pelanggan di Indonesia.

"Kami sangat senang menjadi distributor pertama TigerGraph di Indonesia, yakni grafik data asli pertama di dunia," katanya, Rabu (17/11/2021).

Berbekal jaringan channel partners global, pengalaman kelas dunia, dan keandalan teknis, SMI merupakan mitra yang sempurna dalam mendukung ekspansi pasar TigerGraph untuk menjangkau pelanggan di berbagai industri. Misalnya, perbankan, layanan keuangan, asuransi, kesehatan, dan manufaktur.

TigerGraph juga memiliki keunggulan pada cloud solution yang memudahkan setiap perusahaan dalam melakukan proses analisa data dengan jumlah besar secara real-time.

TigerGraph mampu mendukung pengambilan keputusan dengan cepat yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam bisnis.

Sebagai contoh, pencegahan ancaman cyber security, deteksi potensi penipuan, risiko pencucian uang, supply chain management, optimalisasi jaringan, serta customer360 bagi industri keuangan & perbankan, teknologi, manufaktur, dan sektor kesehatan.

Adanya kolaborasi ini juga turut membantu dalam pengembangan talenta digital di Indonesia melalui MII khususnya Metrodata Academy dalam bidang pendidikan dan pelatihan TIK.

Direktur Mitra Integrasi Informatika Herryanti Herman mengatakan Menurut Gartner, 80 persen dari database dan inovasi analitik di dunia akan menggunakan teknologi grafik.

"MII sangat bangga dapat meletakkan dasar bagi mahasiswa lokal kami dan profesional industri untuk menerima dengan segera akses bagi seorang revolusioner dan teknologi kritikal bisnis dalam beberapa tahun ke depan," paparnya.

Akademinya akan bekerja dengan erat bersama pemimpin industri TigerGraph dalam menyiapkan pelatihan dan menjembatani ke dalam komunitas grafik.

MMI akan menciptakan lapangan pekerjaan dan mengembangkan karir dari peserta yang mengikuti program jangka panjang. Serta, bersama-sama bergerak menuju industri TI dan negara maju.

Diharapkan kemitraan ini dapat memberi manfaat bagi 16 vendor dan 180 kampus di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Metrodata Academy.

Di sisi lain, juga menambah portofolio SMI sebagai distributor TIK di Indonesia yang sudah memiliki 20 lokasi di lebih dari 150 kota dan 5.200 mitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper