Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ICDX Hargai Keputusan MUI Terkait Aset Kripto

ICDX menghargai keputusan Fatwa MUI, namun ICDX mendukung penerapan teknologi yang ada di balik aset kripto tersebut yaitu Blockchain dan Smart Contract.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 15 November 2021  |  17:59 WIB
Profil singkat Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia atau Indonesia Comodity & Derivatives Exchange (ICDX). - Bisnis/Ilham Nesaba
Profil singkat Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia atau Indonesia Comodity & Derivatives Exchange (ICDX). - Bisnis/Ilham Nesaba

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa komoditi Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) mengungkapkan menghargai keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mendukung penerapan teknologi yang ada di balik aset kripto.

Research and Development Manager ICDX Jericho Biere mengungkapkan bahwa teknologi yang ada di balik aset kripto yang didukung oleh ICDX tersebut adalah Blockchain dan Smart Contract.

Di mana menurutnya teknologi tersebut tidak hanya diimplementasikan pada aset kripto yang public blockchain, melainkan juga pada bisnis dalam negeri yang bisa dikembangkan dalam private blockchain.

“ICDX menghargai keputusan Fatwa MUI, namun ICDX mendukung penerapan teknologi yang ada di balik aset kripto tersebut yaitu Blockchain dan Smart Contract,” kata Jericho kepada Bisnis, Senin (15/11/2021).

Sebelumnya, ekonom senior Ekonom Institute for Development on Economics and Finance (Indef) Iman Sugema mengungkapkan bahwa komponen andalan aset kripto adalah distributed ledger technology (DLT) atau teknologi blockchain alias teknologi buku besar terdistribusi.

Menggunakan teknologi tersebut bisa membantu berbagai transaksi melalui teknologi pencatatan yang terdesentralisasi dan terenkripsi. Teknologi itu jelas Iman akan menyulitkan siapa pun untuk bisa melakukan hacking atau pemalsuan dan lainnya terhadap transaksi aset kripto atau cryptocurrency.

MUI sendiri menyebutkan aset kripto sebagai komoditas dengan syarat tertentu sah diperjualbelikan tetapi haram untuk dijadikan sebagai mata uang kripto.

Aset kripto yang dimaksud adalah aset kripto yang memenuhi syarat sebagai sil'ah dan memiliki underlying serta memiliki manfaat yang jelas hukumnya sah untuk diperjualbelikan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mui icdx mata uang kripto aset kripto
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top