Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dolar AS Loyo, The Fed Mulai Tapering

The Fed mengumumkan pemotongan bulanan US$15 miliar menjadi US$120 miliar dalam pembelian bulanan obligasi pemerintah. indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya melemah setelah pernyataan Fed.
Karyawati menghitung uang dolar AS di Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawati menghitung uang dolar AS di Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Greenback, dolar Amerika Serikat (AS), melemah pada akhir perdagangan Kamis pagi (11/4/2021) di Asia Tenggara, setelah Federal Reserve atau The Fed mengatakan akan mulai melepaskan stimulus era pandemi.

Berpegang pada keyakinannya bahwa inflasi yang tinggi akan terbukti "sementara", The Fed kemungkinan tidak memerlukan kenaikan suku bunga yang cepat.

The Fed mengumumkan pemotongan bulanan US$15 miliar menjadi US$120 miliar dalam pembelian bulanan obligasi pemerintah dan sekuritas yang didukung hipotek, tetapi tidak banyak memberi sinyal kapan mungkin bank sentral memulai fase berikutnya dari "normalisasi" kebijakan dengan menaikkan suku bunga.

Sementara itu, indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya melemah setelah pernyataan Fed, mencapai terendah sesi sebelum membalikkan beberapa kerugian, dan terakhir turun 0,045 persen pada 94,068, masih dalam jangkauan tertinggi 2021 di 94,563 yang dicapai bulan lalu.

Aksi jual awal dalam dolar AS setelah pengumuman Fed kemungkinan karena aksi ambil untung, ungkap Kepala Strategi Mata Uang Silicon Valley Bank Scott Petruska.

"Pasar sangat didominasi posisi beli dolar AS sampai saat ini dan mereka masih di situ," katanya.

Selama sisa kuartal, dolar akan didukung oleh imbal hasil obligasi Pemerintah AS yang relatif lebih tinggi, The Fed menunjukkan keinginan untuk menghentikan inflasi dan mengakui sampai batas tertentu bahwa inflasi mungkin tidak sementara seperti yang mereka duga, dan sebagai tempat berlindung yang aman, katanya.

Dilansir oleh Antara, pengumuman Fed mengikuti pertemuan Bank Sentral Australia (RBA) pada Selasa (2/11) dan Bank Sentral Eropa (ECB) Rabu (3/11) lalu, keduanya mendorong kembali terhadap perkiraan pasar untuk kebijakan yang lebih ketat. Bank sentral Inggris (BoE) bertemu pada Kamis waktu setempat.

Di sisi lain, Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan kenaikan suku bunga pada 2022 sangat tidak mungkin karena inflasi terlalu rendah, mengirim imbal hasil obligasi pemerintah lebih rendah. Tapi euro hampir tidak bergerak.

Terhadap euro, dolar AS hampir stagnan di US$1,15825. Itu tidak jauh dari level terendah US$1,1522 untuk euro yang dicapai pada Oktober, yang merupakan level terkuat untuk dolar sejak Juli 2020.

Dolar/yen diperdagangkan pada 114,125, mendekati level tertinggi empat tahun.

RBA pada Selasa (2/11) mengabaikan target imbal hasil jangka pendeknya dan menurunkan ekspektasinya untuk mempertahankan suku bunga pada rekor terendah hingga 2024, meskipun Aussie jatuh karena bank juga mendorong kembali perkiraan agresif untuk kenaikan 2022.

Dolar Australia turun 1,2 persen terhadap dolar AS pada Selasa (2/11) dan duduk di US$0,7425 pada Rabu (3/11), turun 0,05 persen dari sesi pembukaan. Dolar Selandia Baru juga terseret 1,0 persen lebih rendah pada Selasa (2/11), tetapi mendapat dukungan pada Rabu (3/11) dari data tenaga kerja yang kuat dan naik 0,27 persen menjadi 0,71285 dolar AS.

Pasar uang telah memutar balik ekspektasi untuk kenaikan suku bunga 15 basis poin dari bank sentral Inggris pada Kamis (4/11/2021), tetapi masih memperkirakan satu kenaikan sebelum 2022.

"Pertanyaan kuncinya adalah seberapa efektif kenaikan suku bunga dalam mengendalikan inflasi, terutama didorong oleh masalah rantai pasokan, saat kita keluar dari pandemi," kata Giles Coghlan, Kepala Analis Mata Uang di HYCM.

BoE juga fokus pada data tenaga kerja dan mungkin memutuskan untuk menunda kenaikan suku bunga pada Kamis, karena "mereka tidak ingin menaikkan suku bunga terlalu cepat dan berisiko melumpuhkan pemulihan bisnis," katanya lagi.

Sterling pulih dari level terendah dua minggu untuk diperdagangkan 0,3 persen lebih tinggi pada US$1,36525.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper