Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Principal Asset Management Luncurkan Kelas Unit Penyertaan untuk Reksa Dana Indeksnya

Produk ini merupakan produk kedua dari Principal AM dengan fitur Kelas Unit Penyertaan.
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Principal Asset Management akan meluncurkan fitur Kelas Unit Penyertaan untuk produk reksa dana saham Principal Total Return Equity Fund.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan pada Senin (1/11/2021), ini adalah produk kedua dari Principal dengan fitur Kelas Unit Penyertaan. Pada bulan September 2021 lalu, Principal menjadi perusahaan Manajer Investasi pertama yang meluncurkan fitur Kelas Unit Penyertaan untuk produk reksa dana indeks melalui produk Principal Index IDX30.

Ni Made Muliartini, Chief Investment Officer PT Principal Asset Management mengatakan bahwa volatilitas yang tinggi pada IHSG dan outlook ekonomi Indonesia yang lebih baik, mendorong adanya inisiatif untuk menerbitkan fitur baru pada produk reksa dana saham milik Principal.

Ia menjelaskan ekonomi Indonesia sedikit demi sedikit menunjukkan pemulihan yang dapat terlihat pada pergerakan bursa saham, walaupun masih mengalami volatilitas tinggi.

“Oleh karena itu, untuk memberi imbal hasil baik untuk para investor, kami meluncurkan fitur Kelas Unit Penyertaan untuk produk Reksa Dana Principal Total Return Equity Fund. Diharapkan dengan adanya penurunan management fee pada Kelas E bisa memberikan imbal hasil yang baik bagi para investor,” jelasnya.

Kelas Unit Penyertaan ini adalah klasifikasi unit penyertaan, dimana untuk setiap kelasnya terdapat perbedaan berdasarkan fitur-fitur administratif, seperti imbalan Manajer Investasi (management fee), jumlah minimum saldo kepemilikan Unit Penyertaan dan metode pembelian.

Terdapat 2 (dua) Kelas Unit Penyertaan yang berbeda, yaitu Kelas O (Ordinary) dan Kelas E (Extraordinary). Fitur ini diluncurkan untuk memberikan Imbalan Jasa Manajer Investasi (management fee) yang lebih kompetitif dan memberikan hasil investasi terbaik bagi para nasabah.

Pada produk Principal Total Return Equity Fund Kelas O (Ordinary), management fee adalah maksimum sebesar 4% per tahun. Nasabah dapat melakukan pembelian produk melalui Principal, atau melalui Agen Penjual Efek Reksa Dana yang bekerjasama dengan Principal dan model distribusi Principal lainnya, dengan batas minimum pembelian Unit Penyertaan sebesar Rp100 ribu.

Sedangkan, pada produk Principal Total Return Equity Fund Kelas E (Extraordinary), management fee adalah maksimum sebesar 1% per tahun. Nasabah dapat melakukan pembelian produk secara langsung melalui Principal dengan batas minimum pembelian Unit Penyertaan sebesar Rp1 miliar.

Chief Marketing Officer PT Principal Asset Management, Ernawan Rahmat Salimsyah mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan layanan investasi menyeluruh bagi para nasabah dan memenuhi kebutuhan nasabah untuk mendapatkan imbal hasil optimal dalam investasi yang dilakukan.

Fitur baru untuk Principal Total Return Equity Fund ini merupakan perwujudan dari komitmen Principal untuk nasabah, yang didukung pengalaman menyeluruh secara global dan domestik dalam menumbuhkembangkan investasi nasabah.

“Fitur ini diharapkan dapat menjadi jawaban akan kebutuhan perbedaan fitur dalam satu produk reksa dana dengan portofolio yang sama, sehingga dapat menjadi solusi yang dipilih oleh nasabah retail maupun institusi,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper