Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Konsumer Bangkit: Unilever (UNVR) Memimpin, GGRM & HMSP Mengepul

J.P. Morgan menyukai saham-saham emiten konsumer seperti ICBP dan SIDO yang tahan terhadap guncangan pandemi.
Unilever/www.unilever.co.id
Unilever/www.unilever.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Saham-saham emiten barang konsumsi berlomba-lomba menguat paling tinggi di awal kuartal IV/2021. 

Berdasarkan data Bloomberg pada Kamis (7/10/2021), saham PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) memimpin penguatan sebesar 12,88 persen menjadi Rp4.820 pada pukul 13.26 WIB.

Selanjutnya saham PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) mengikuti degan kenaikan harga yang lebih moderat 5,30 persen menjadi Rp34.800. Saham PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) juga tak mau ketinggalan dengan kenaikan 5,12 persen menjadi Rp1.130.

Sementara itu, saham PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) naik 3,43 persen menjadi Rp2.410 dan saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF) naik 1,14 persen menjadi Rp6.675.

Analis J.P. Morgan Sekuritas Indonesia Benny Kurniawan belum lama ini mengungkapkan industri barang konsumer masih lemah karena pendapatan masyarakat terdampak pandemi.

Dari sejumlah saham emiten konsumer tersebut, J.P. Morgan lebih menyukai ICBP dan SIDO karena keduanya berada di posisi yang lebih baik saat terjadi penurunan konsumsi masyarakat. Sementara itu, kondisi ini dinilai akan lebih membebani UNVR dan GGRM sehingga Benny memberikan rekomendasi underweight.

Dia menunjukkan bahwa pembelian rokok, produk perawatan tubuh, hingga pakaian mengalami perlambatan karena para responden yang disurvei J.P. Morgan mengaku lebih memilih produk alternatif dengan harga lebih murah.

“Sekitar 55 persendari responden kami mengalami penurunan tingkat tabungan selama pandemi dan berencana untuk menunda pembelian besar,” tulis Benny dalam riset yang dipublikasikan lewat Bloomberg, dikutip Kamis (7/10/20)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper