Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mitra Distribusi Tetap Optimistis ORI020 Laku Keras Meski Kuponnya Rendah

Investor cenderung masih mencari instrumen investasi yang aman dan menguntungkan seperti ORI020.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 05 Oktober 2021  |  09:14 WIB
Mitra Distribusi Tetap Optimistis ORI020 Laku Keras Meski Kuponnya Rendah
Pialang memperhatikan Yield SUN Indonesia - Antara/Prasetyo Utomo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah mitra distribusi (midis) penjualan obligasi ritel seri ORI020 optimistis minat investor akan tetap tinggi meski kupon yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan seri-seri sebelumnya.

Chief of Retail & SME Business Bank Commonwealth Ivan Jaya menuturkan, Bank Commonwealth tidak melakukan perubahan target penjualan untuk ORI020. Ia mengatakan, pihaknya menargetkan angka penjualan yang sama seperti SR015 atau ORI019 lalu, yakni Rp100 miliar.

Ivan mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap seri SR015 lalu masih akan dirasakan pada penerbitan ORI020 kali ini. Hal ini ditambah dengan alokasi dari pemerintah yang tidak akan sebesar penerbitan SR015.

Ia memaparkan, kupon yang ditawarkan untuk ORI020 masih cukup menarik meski lebih rendah dibandingkan seri-seri pendahulunya. Menurutnya, dibandingkan dengan rata-rata imbal hasil obligasi pemerintah dengan tenor yang sama pada kisaran 4,40 persen, ORI020 masih memberikan premium sebanyak 55 basis poin.

“Ditambah lagi dengan faktor penurunan tarif pajak atas bunga obligasi untuk investor domestik menjadi 10 persen menjadi salah satu faktor yang membuat ORI020 kali ini relatif lebih menarik dibandingkan dengan deposito,” katanya saat dihubungi pekan ini.

Secara terpisah, Jonathan Bryan, CMO KoinWorks mengatakan, minat investor terhadap obligasi ritel seperti ORI020 masih akan terlihat. Menurutnya, investor masih memerlukan instrumen investasi yang aman dan menguntungkan seperti ORI020.

“Untuk angkanya masih belum terlihat karena masih awal-awal masa penawaran, namun di saat seperti ini kami yakin minat investor masih besar,” jelasnya.

Koinworks menargetkan kenaikan pembelian seri ORI020 hingga 50 persen dibandingkan dengan penjualan pada seri lalu. Meski demikian, pihaknya tidak menyebutkan jumlah pasti target pembeliannya.

Jonathan melanjutkan, salah satu keuntungan investasi ORI020 adalah sifatnya yang aman karena dijamin negara. Selain itu, investor dapat membeli ORI020 secara terjangkau mengingat nilai minimal pembeliannya yang terbilang kecil, yakni Rp1 juta.

ORI020 juga mudah dibeli karena dapat dibeli pada mitra distribusi secara daring seperti melalui KoinWorks. Ia melanjutkan, ORI020 juga memiliki tingkat return yang lebih baik dibandingkan dengan instrumen seperti deposito meski kupon yang ditawarkan lebih rendah dari seri-seri pendahulunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obligasi ritel indonesia ORI020
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top