Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUMN Inalum Mau IPO pada 2022, Susul PTBA, ANTM, TINS

Setelah Inalum memisahkan fungsi holding dari MIND ID, perusahaan akan melakukan IPO pada 2022.
Direktur Utama PT Inalum (Persero) / MIND ID, Orias Petrus Moedak./inalum.id
Direktur Utama PT Inalum (Persero) / MIND ID, Orias Petrus Moedak./inalum.id

Bisnis.com, JAKARTA - Holding BUMN Tambang MIND ID akan melepas sejumlah kepemilikan sahamnya pada PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), setelah pemisahan fungsi holding dan BUMN operator tambang dilakukan pada kuartal IV/2021 atau kuartal I/2022.

Skema pelepasan saham dilakukan melalui penawaran umum saham perdana atau IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak menjelaskan aksi korporasi ini masuk dalam rencana pemegang saham pengendali yakni Menteri BUMN. Tahapan proses pemisahan MIND ID dan Inalum operating sudah di Kemenkeu, dan dalam proses penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) terkait pemisahan ini.

"Kalau pemisahan bisa tahun ini atau awal tahun depan, diharapkan IPO bisa di akhir 2022," ungkapnya dalam rapat dengar pendapat di Komisi VII DPR, Senin (27/9/2021).

Dia melanjutkan Inalum akan fokus ke bisnis lain berbasis aluminium, sementara MIND ID menjadi holding strategis dari BUMN tambang dan menjadi bentuk akhir dari holdingisasi BUMN pertambangan.

Direktur Layanan Strategis MIND ID Ogi Prastomiyono menjelaskan Inalum sebagai operator tambang khususnya penghasil aluminium tengah fokus mengerjakan proyek Alumina di Kalimantan barat.

"Jadi kami juga akan dan sedang membangun alumina project untuk produksi alumina, ini bahan baku aluminimum. Selama ini, alumina diimpor 100 persen dari luar negeri, kalau punya ini dan dari bauksit yang ada bisa tingkatkan kapasitas kami produksi aluminium," paparnya.

Dia melanjutkan terkait rencana IPO Inalum operator tambang masih dalam proses due diligent memperhatikan aspek keuangan, hukum dan upaya agar pelepasan saham ke publik ini dapat menarik minta investor.

Lebih lanjut, Ogi menegaskan MIND ID belum menentukan porsi saham yang akan dijual. Namun, IPO ini secara umum untuk pendanaan mendukung strategi pengolahan bauksit menjadi alumina dan aluminium.

Aksi IPO Inalum akan menyusul anak-anak usahanya yang lebih dulu melantai di Bursa, seperti PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), dan juga PT Timah Tbk. (TINS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper