Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BULL Emisi Global Bond Setara Rp5,68 Triliun, Buat Apa Duitnya?

Pokok surat utang akan dibayarkan seluruhnya dan sekaligus pada tanggal jatuh tempo surat utang pada 5 tahun sejak diterbitkannya Surat Utang atau periode lain yang disetujui para pihak.
MT Bull Flores, salah satu kapal milik PT Buana Lintas Lautan Tbk./bull.co.id
MT Bull Flores, salah satu kapal milik PT Buana Lintas Lautan Tbk./bull.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pelayaran, PT Buana Lintas Lautan Tbk. (BULL) akan menerbitkan senior notes atau surat utang senior sebesar US$400 juta setara dengan Rp5,68 triliun (dengan nilai tukar Rp14.200) di Bursa Efek Singapura.

Mengutip keterbukaan informasi perseroan, Minggu (5/9/2021), global bond atau obligasi global ini memiliki nilai agregat Surat Utang yang akan diterbitkan sebanyak-banyaknya sebesar US$400 juta.

Penerbitan obligasi global ini nilainya melewati batasan nilai transaksi material dalam POJK 17/2020, yaitu lebih dari 50 persen dari nilai ekuitas perseroan, bahkan setara dengan 114,28 persen dari nilai ekuitas perseroan berdasarkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan yaitu US$350,03 juta.

"Penerbitan surat utang sebagian besar akan digunakan untuk pelunasan atas utang-utang perseroan dan atau anak perusahaan Perseroan sehingga dalam jangka panjang dapat menambah likuiditas Perseroan dan memperpanjang periode jatuh tempo utang perseroan," urai keterbukaan tersebut.

Transaksi ini juga dapat memperbaiki struktur permodalan perseroan dan memperkuat posisi keuangan BULL. Perseroan juga mengupayakan agar obligasi global yang akan diterbitkan memiliki pembatasan yang lebih fleksibel dari sudut pandang perseroan guna melaksanakan kegiatan usahanya dan rencana-rencana investasi ke depan.

Pokok surat utang akan dibayarkan seluruhnya dan sekaligus pada tanggal jatuh tempo surat utang pada 5 tahun sejak diterbitkannya surat utang atau periode lain yang disetujui para pihak.

Tingkat suku bunga yang akan dibayarkan kepada Investor dan periode pembayaran bunga akan ditentukan kemudian.

Perseroan akan mengungkapkan lebih lanjut terkait dengan perkiraan tingkat bunga dan periode pembayaran bunga pada tambahan Keterbukaan Informasi yang akan dipublikasikan oleh Perseroan selambat-lambatnya 2 hari kerja sebelum pelaksanaan RUPS terkait persetujuan penerbitan obligasi global ini.

Adapun, surat utang global ini rencananya akan dijamin tanpa syarat (unconditionally) dan tidak dapat ditarik kembali (irrevocably) dengan jaminan oleh para penjamin.

Informasi mengenai jaminan surat utang, termasuk syarat penjaminan dan nilai penjaminan, akan diumumkan oleh Perseroan kepada publik paling lambat 2 hari kerja setelah diterbitkannya Surat Utang sesuai dengan ketentuan POJK 17/2020.

Penyelenggaraan RUPS Luar Biasa terkait penerbitan global bond ini targetnya dapat terselenggara pada 11 Oktober 2021 atau memasuki kuartal IV/2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper