Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Penerapan ESG, Intip Rencana Sarana Menara (TOWR)

Untuk meningkatkan keterlibatannya dalam ESG, TOWR tengah membicarakan kemungkinan adanya pembangunan site tower dengan menggunakan panel tenaga surya (solar panel).
Halaman muka Laporan Tahunan PT Sarana Menara Nusantara Tbk. 2017./ptsmn.co.id
Halaman muka Laporan Tahunan PT Sarana Menara Nusantara Tbk. 2017./ptsmn.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) terus berkomitmen untuk menerapkan konsep Environmental, Social and Good Governance (ESG) dalam kelangsungan usahanya.

Wakil Direktur TOWR Adam Ghifari dalam sebuah diskusi daring pada Selasa (27/7/2021) mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan keterlibatannya dalam ESG. Salah satu bentuk implementasi hal tersebut adalah pembuatan laporan berkelanjutan (sustainability report) yang dilakukan sejak 2019 lalu.

“Selain itu, kami juga telah memiliki rating BB- dari MSCI ESG dan tengah mengikuti penilaian ESG dari Standard and Poor’s (S&P) ESG. Persyaratannya memang cukup banyak tetapi kami akan terus berusaha meningkatkan keterlibatan kami,” jelasnya.

Adam mengatakan, guna meningkatkan keterlibatannya dalam ESG, perusahaan tengah membicarakan kemungkinan adanya pembangunan site tower dengan menggunakan panel tenaga surya (solar panel).

Ia mengatakan, salah satu tantangan rencana tersebut adalah jumlah investasi yang mahal. Selain itu, TOWR juga masih memperhatikan aspek keselamatan, keamanan, dan keberlanjutan rencana ini.

“Rencana ini masih dalam tahap trial atau pemikiran awal. Tetapi, bukan tidak mungkin dapat terealisasi dalam 5 hingga 10 tahun ke depan,” katanya.

Adapun, komitmen TOWR dalam mendukung pembangunan berkelanjutan juga dijalankan melalui praktik tanggung jawab sosial yang menyeluruh. Praktik tersebut dilakukan sesuai dengan konteks keberlanjutan perusahaan dan karakteristik sosial dan lingkungan pada wilayah operasinya.

Selain itu, perusahaan juga memberikan edukasi dan pelatihan kepada karyawan-karyawannya tekait ESG. TOWR juga melakukan afirmasi komitmen kepada karyawannya dengan menerbitkan pedoman perilaku (code of conduct) yang sesuai dengan prinsip ESG.

“Dalam melakukan kegiatan usaha, kami terus menerapkan nilai 3P yang sesuai dengan ESG, yaitu profit, people, dan planet,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper