Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UOB AM Gandeng Bareksa Tawarkan Produk Reksa Dana Indeks Bisnis-27

Beberapa produk reksa dana yang ditawarkan UOB AM di portal Bareksa adalah reksa dana pasar uang (UOBAM Pasar Uang Indonesia) dan reksa dana indeks ekuitas (UOBAM Indeks Bisnis-27).
PT UOB Asset Management Indonesia menggandeng PT Bareksa Portal Indonesia untuk menawarkan produk reksa dana. Kerja sama ini merupakan yang pertama kali bagi kedua perseroan dengan tujuan mempermudah akses pengelolaan aset keuangan secara digital.
PT UOB Asset Management Indonesia menggandeng PT Bareksa Portal Indonesia untuk menawarkan produk reksa dana. Kerja sama ini merupakan yang pertama kali bagi kedua perseroan dengan tujuan mempermudah akses pengelolaan aset keuangan secara digital.

Bisnis.com, JAKARTA - PT UOB Asset Management Indonesia menggandeng PT Bareksa Portal Indonesia untuk menawarkan produk reksa dana. Kerja sama ini merupakan yang pertama kali bagi kedua perseroan dengan tujuan mempermudah akses pengelolaan aset keuangan secara digital.

Adapun, beberapa produk reksa dana yang ditawarkan oleh UOB AM adalah reksa dana pasar uang (UOBAM Pasar Uang Indonesia) dan reksa dana indeks ekuitas (UOBAM Indeks Bisnis-27).

Direktur dan Chief Marketing Officer UOB AM Alvin Jufitrick mengatakan perseroan merupakan salah satu manajer investasi yang memiliki keahlian mendalam di bidang pengelolaan investasi dan didukung oleh jaringan dan pengalaman grup yang kuat di wilayah Asia.

Sementara Bareksa menawarkan salah satu pilihan reksa dana terlengkap di antara pasar digital di Indonesia.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan Bareksa dalam rangka menyediakan solusi reksa dana inovatif secara digital kepada populasi High Net Worth Individual (HNWI) Indonesia yang terus bertambah. Dengan kolaborasi ini, kami akan membantu untuk mengelola investasi investor secara lebih efektif dalam mencapai tujuan keuangan mereka,” tulis Alvin dalam riset, dikutip Sabtu (24/7/2021).

Chief Research and Business Development Officer Bareksa Ni Putu Kurniasari mengatakan perkembangan industri reksa dana di Indonesia terus mencatat pertumbuhan positif. Di sisi lain, kondisi makro Indonesia cukup mendukung untuk reksadana bertumbuh.

“Terlebih lagi, saat ini sudah berkembang industri reksadana online yang membuat masyarakat semakin aware terhadap investasi reksadana,” tulis Ni Putu.

Melalui kerja sama ini, Bareksa akan memperkaya portofolio produk di dalam menyediakan layanan yang diperuntukkan bagi nasabah ritel dan high segment, melengkapi laporan riset, fitur teknologi Bareksa untuk Bareksa Prioritas, hingga customer loyalty program yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Reksa dana UOBAM Pasar Uang Indonesia (UPINDO) merupakan reksa dana pasar uang yang menempatkan investasinya pada instrumen deposito perbankan dan obligasi dengan sisa jatuh tempo tidak lebih dari satu tahun, yang bertujuan memberikan imbal hasil yang stabil bagi investor. Instrumen investasi dalam UPINDO memiliki profil risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan kelas aset lainnya, sehingga dapat memberikan likuiditas yang lebih baik bagi investor.

Sedangkan reksa dana UOBAM Indeks Bisnis-27 (UOBAM IB-27) adalah satu-satunya reksa dana indeks yang mereplikasikan konstituen Indeks Bisnis-27.

Indeks ini terdiri dari 27 saham yang telah melalui proses seleksi komprehensif oleh komite investasinya, dengan memenuhi kriteria fundamental keuangan, teknikal, dan likuiditas yang ketat. Indeks yang diterbitkan bersama oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bisnis Indonesia BEI.

Konstituen indeks Bisnis-27 dievaluasi secara berkala pada setiap semester, dan menunjukkan kinerja yang kuat dari tahun ke tahun.

Dalam periode 5 tahun terakhir sampai dengan 16 Juli 2021, indeks bisnis-27 memiliki total return sebesar 1,37 persen, lebih tinggi dari Indeks LQ45 sebesar minus 3,47 persen, dan IDX30 yaitu sebesar minus 3,86 persen pada periode yang sama.

Hal ini mengindikasikan konsistensi performa Indeks Bisnis-27 dibandingkan dengan dengan indeks yang sering digunakan sebagai tolok ukur reksa dana saham lainnya.

“UOBAM IB-27 sebagai reksa dana indeks memiliki keunggulan fitur dalam hal pengawasan dari komite indeks serta pengelolaan dari tim investasi dan research UOBAM Indonesia. Selain itu, produk ini juga memiliki transparansi dalam hal alokasi aset sehingga dapat menjadi alternatif solusi yang menarik bagi investor HNWl. Sedangkan UPINDO sebagai reksa dana pasar uang, menawarkan likuiditas, potensi imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan biasa dan stabil bagi investor,” jelas Alvin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper