Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantap! Grup Kresna Jadi Pengendali Produsen Motor Listrik Volta

NFC Indonesia menggandeng SiCepat Expres Indonesia memasuki bisnis electric vehicle dengan membentuk perusahaan patungan, PT Energi Selalu Baru (ESB).
Sepeda listrik volta/Istimewa
Sepeda listrik volta/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi Grup Kresna kompak membentuk perusahaan patungan demi masuk ke bisnis electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik. Perusahaan patungan ini menjadi pemegang saham pengendali produsen sepeda motor listrik Volta.

PT NFC Indonesia Tbk. (NFCX) menggandeng PT SiCepat Expres Indonesia memasuki bisnis electric vehicle dengan membentuk perusahaan patungan, PT Energi Selalu Baru (ESB), yang berfokus pada distribusi sepeda motor listrik, penukaran baterai dan berbagai layanan pendukungnya.

Sementara itu, PT Digital Mediatama Maxima Tbk. (DMMX) dan PT Telefast Indonesia Tbk. (TFAS), akan memiliki saham minoritas di ESB dengan menyediakan dukungan komersial, infrastruktur dan ekosistem.

ESB juga akan memiliki saham mayoritas di perusahaan manufaktur EV, PT Volta Indonesia Semesta (Volta).

ESB bertujuan untuk meningkatkan penyerapan dan penerimaan penggunaan EV di Indonesia dengan menyediakan distribusi sepeda motor listrik yang seamless dan layanan penukaran baterai, diberdayakan oleh platform digital dan teknologi Internet-of-Things (IoT).

Volta akan menjadi rumah produksi utama sepeda motor listrik untuk ESB dengan NFCX menyediakan dan mengelola platform digital untuk registrasi dan pengelolaan kendaraan, pembayaran dan rewards.

Rencananya, ESB akan memanfaatkan kemampuan logistik serta jaringan SiCepat dan TFAS untuk merencanakan dan menyebarkan stasiun penukaran baterai. Ekspansi jaringan penukaran baterai ini juga akan menggunakan jaringan toko ritel DMMX yang luas di seluruh Indonesia.

Direktur Volta Willty Awan menjelaskan masuknya NFCX dan berbagai perusahaan teknologi ini dalam pemegang sahamnya membawa adopsi EV di Indonesia ke level selanjutnya.

"Dengan kapabilitas teknologi MCAS Group dan jaringan mitra yang luas, kami percaya kami dapat mengembangkan secara pesat kesadaran, penerimaan, dan aksesibilitas EV ke pasar massal," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/6/2021).

Dengan begitu, Volta dapat membawa layanan purna jual Volta yang sangat baik kepada pelanggan dengan kenyamanan bernilai tambah yang diberikan oleh platform digital NFCX.

Presiden Direktur NFCX Abraham Theofilus menuturkan value proposition dari Indonesia yang lebih hijau dilatarbelakangi oleh populasi yang peduli lingkungan.

"NFCX dengan senang hati memimpin kemajuan grup ke pasar EV Indonesia yang menjanjikan. Melalui platform digital kami yang memungkinkan pengguna untuk mengelola kendaraan listrik mereka dan penggunaan baterai terkait," katanya.

NFCX berusaha meredakan keraguan yang berkaitan dengan adopsi EV terutama perihal jarak tempuh dan frekuensi penggunaan. Dalam prosesnya, NFCX juga akan secara bertahap memperkenalkan mekanisme loyalitas dalam platform digital yang akan memberi reward kepada pengguna sepeda motor listrik buatan Volta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper