Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grup Astra (ASII) Suntik Cucu Usaha Jalan Tol Rp1,39 Triliun

Bagi Astra Tol, pelaksanaan transaksi dengan anak usahanya ini akan memberikan manfaat finansial berupa adanya pendapatan bunga.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  14:04 WIB
Menara Astra. Gedung perkantoran ini menjadi lokasi kantor pusat PT Astra International Tbk. - astra.co.id
Menara Astra. Gedung perkantoran ini menjadi lokasi kantor pusat PT Astra International Tbk. - astra.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra International Tbk. melalui anak usahnya PT Astra Tol Nusantara memberikan pinjaman kepada PT Marga Mandalasakti (MMS) pengelola tol Tangerang-Merak sebesar Rp1,39 triliun.

Kedua perusahaan tersebut merupakan perusahaan terafiliasi grup Astra. Astra Tol dimiliki 99 persen sahamnya oleh Astra, sementara Marga Mandalasakti dimiliki 79,31 persen oleh Astra Tol sehingga menjadi cucu usaha emiten bersandi ASII tersebut.

"Transaksi ini dilakukan Astra Tol dengan tujuan untuk memberikan dukungan keuangan kepada MMS, pinjaman tersebut akan digunakan oleh MMS untuk keperluan umum korporasi," terang keterbukaan informasi, Rabu (9/6/2021).

Bagi Astra Tol, pelaksanaan transaksi dengan anak usahanya ini akan memberikan manfaat finansial berupa adanya pendapatan bunga, sementara bagi MMS akan ada efisiensi administrasi dibandingkan dengan pinjaman berasal dari pihak perbankan.

Astra Tol memberikan pinjaman sebesar Rp1,39 triliun yang akan jatuh tempo pada 7 Juli 2021 dengan periode bunga 1 bulan dan suku bunganya mencapai 7 persen.

Pemberian pinjaman tersebut dilakukan berdasarkan perjanjian pinjaman antara Astra Tol dan MMS pada 4 Juni 2021. MMS wajib mengembalikan dana tersebut selambat-lambatnya pada 7 Juli 2021.

MMS merupakan perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha di bidang penyelenggaraan proyek yang meliputi pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol Tangerang-Merak dan jalan tol lainnya serta usaha-usaha lainnya yang berhubungan dan/atau bersangkutan dengan jalan tol.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra international Astra Infra Toll Road
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top