Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perluas Pasar, Grup MNC Agresif Akuisisi Pemain TV Kabel Lokal

Terdapat 3 target akuisisi LCO pada semester I/2021 yang akan diselesaikan MNC Vision di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  20:06 WIB
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menerima kunjungan CEO Marubeni Kansai San beserta jajarannya di MNC Center, Kamis (27/5/2021). -  Istimewa
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menerima kunjungan CEO Marubeni Kansai San beserta jajarannya di MNC Center, Kamis (27/5/2021). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Global Mediacom Tbk. (BMTR) melalui anak usahanya PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV) atau MVN, agresif mengakuisisi operator kabel lokal (local cable operator/LCO) pada tahun ini dalam rangka memperluas pelanggan televisi berlangganan.

Berdasarkan bahan pemaparan publik BMTR di keterbukaan Bursa Efek Indonesia, Senin (31/05/2021), MNC Vision menyediakan layanan TV berlangganan berbasis direct to the home (DTH) di Indonesia dengan 2,1 juta pelanggan, yang mewakili 90 persen pangsa pasar. Perseroan terus fokus menangkap peluang pasar yang sangat besar di Tanah Air.

“Pertumbuhan pelanggan akan difokuskan untuk menjangkau segmen yang lebih luas di kota-kota tier 2 dan tier 3, atau 70 persen dari total rumah tangga di Indonesia dan akuisisi LCO untuk memperluas pangsa pasar DTH,” tulis manajemen.

Pada Mei 2020, MVN menyelesaikan akuisisi LCO pertamanya yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. Adapun terdapat 3 target akuisisi pada semester I/2021 yang akan diselesaikan di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat dengan total basis pelanggan sekitar 100.000.

Manajemen menilai, terdapat banyak operator kabel yang memperoleh saluran MNC Group secara ilegal dan mendistribusikannya kembali di wilayahnya sendiri.

Metode kemitraan dengan LCO dinilai akan membantu mencegah pembajakan dan memperluas jaringan MVN. Strategi ini memungkinkan MVN mendapatkan kehadiran yang lebih kuat di area tersebut.

“Dengan memasok konten MVN ke operator kabel lokal, ini akan membantu mereka berkinerja lebih baik dan berkembang pesat di wilayah masing-masing,” kata manajemen.

Emiten milik Grup MNC ini memperkirakan terdapat 417 LCO yang terdaftar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, perseroan juga mengandalkan penjualan set top box untuk menjaring pelanggan baru. Perseroan menargetkan bisa mengakuisisi sebanyak 2.000 pelanggan per hari melalui cara ini.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mnc group global mediacom
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top