Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Peran Elon Musk, Market Cap Dogecoin Bisa Susul Binance Coin?  

Popularitas Dogecoin terus menanjak seiring 'promosi' yang dilakukan oleh Elon Musk. Namun mampukan aset kripto itu menyusul pesaingnya yang jugas edang naik daun yakni Binance Coin?
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 14 Mei 2021  |  19:21 WIB
Binance Coin.  - istimewa.
Binance Coin. - istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Tak bisa dipungkiri, Elon Musk, cukup menjadi sosok yang paling berpengaruh di perdagangan kripto. Tidak jarang, cuitannya menjadi alasan sejumlah aset kripto melejit.

Sebagai informasi, pergerakan aset kripto sangat sensitif terhadap sentimen implementasi koin sebagai transaksi, terutama jika digunakan oleh korporasi besar.

Dengan demikian, cukup wajar setiap dukungan yang diberikan korporasi, seperti Tesla hingga Mastercard, telah membawa aset kripto nyaman di zona hijau dan melesat tinggi.

Bitcoin misalnya, ketika Elon Musk memutuskan koin itu dapat menjadi alat transaksi kendaraan listrik milinya, Tesla, harga langsung melejit hingga puluhan persen.

Hal itu semakin mengokohkan posisi Bitcoin sebagai aset kripto dengan total kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Namun, belum lama ini dukungan Elon Musk terhadap Bitcoin kini mulai beralih ke Dogecoin. Pada Kamis (13/5/2021), Musk mengungkapkan tengah bekerja sama dengan tim pengembangan Dogecoin untuk meningkatkan efisiensi transaksi sistem.

“Sedang membantu para pengembang Doge untuk meningkatkan efisiensi sistem transaksinya. Cukup menjanjikan,” cuit Musk dikutip Jumat (14/5/2021).

Cuitan itu pun diunggah Musk setelah dirinya mengkritik Bitcoin yang boros energi dan mengemukakan kekhawatirannya terhadap dampak negatif yang ditimbulkan Bitcoin baik dari aktivitas transaksi maupun penambangan (mining) yang menggunakan bahan bakar fosil.

Musk mengatakan Tesla akan menghentikan sementara program yang memperbolehkan konsumen membeli kendaraan buatan Tesla dengan Bitcoin.

Imbasnya, pasar Bitcoin mengalami volatilitas yang cukup tinggi selama 24 jam belakangan dan Dogecoin atau DOGE melesat hingga lebih dari 30 persen.

Pada perdagangan Jumat (14/5/2021) hingga pukul 16.43 WIB, harga DOGE di Tokocrypto naik 32,5 persen ke posisi Rp7.459 per DOGE, sedangkan harga DOGE di Upbit Indonesia naik 5,96 persen ke posisi Rp7.820.

Sementara itu, harga DOGE di Indodax terkoreksi 26,75 persen ke posisi Rp7.738 per DOGE.

Berdasarkan coinmarketcap.com, nilai kapitalisasi pasar DOGE pun meningkat 38,07 persen menjadi sekitar US$68,24 miliar.

Dengan nilai itu, Dogecoin menjadi koin dengan kapitalisasi pasar terbesar ke empat di seluruh dunia.

Di sisi lain, kapitalisasi pasar Dogecoin juga terus mengejar total kapitalisasi pasar Binance Coin di posisi US$97,9 miliar.

Jika Dogecoin mampu terus menguat, maka bukan tidak mungkin kapitalisasi pasar koin dengan logo anjing itu menyusul kapitalisasi pasar Binance Coin.

Pasalnya, belakangan, Binance Holdings Ltd., perusahaan perdagangan aset kripto terbesar di dunia tengah berada dalam investigasi Departemen Keadilan dan Layanan Pendapatan Internal AS.

Kabar tersebut pertama kali muncul dari pemberitaan Bloomberg Kamis (13/5/2021). Pemerintah AS dalam hal ini mulai menaikkan level kewaspadaan mereka karena menduga layanan Binance Holdings semakin sering disalahgunakan untuk tindak pencucian uang di kalangan pengusaha besar.

Sentimen itu pun membuat aset Binance coin terjerat di zona merah dalam beberapa perdagangan terakhir.

Kendati demikian, COO perusahaan dompet kripto BRD Adam Zadikoff menilai tren kembali menguatnya harga Dogecoin hari ini tidak akan berlangsung lama.

“Tebakan saya reli ini tidak akan awet, terutama melihat karakter Dogecoin sendiri yang memang sejak awal tidak ditakdirkan untuk punya kelebihan sebagai alat pembayaran maupun tempat menyimpan nilai,” tuturnya seperti diwartakan Daily Express, Jumat (14/5/2021).

Lalu, mampukah kapitalisasi pasar Dogecoin menyusul Binance Coin dan merebut posisi ketiga koin dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia? Kita lihat saja.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tesla Motors elon musk cryptocurrency mata uang kripto
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top