Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-Siap, Bund! Harga Emas Diramal Bisa Tembus Rp1 Juta per Gram

Harga emas dunia siap menembus level tertingginya di US$2.075 per troy ounce. Dengan nilai tukar Rp14.300 per dolar AS, maka harga logam mulia akan berada di level Rp1,05 juta per gram.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  14:40 WIB
Emas batangan 24 karat ukuran 1oz atau 1 ons, setara 28,34 gram. Harga emas mengalami pergerakan ekstrim pada pekan ini yang mana sempat turun ke level US1.800 per ons beberapa hari setelah memecahkan rekor harga tertinggi. - Bloomberg
Emas batangan 24 karat ukuran 1oz atau 1 ons, setara 28,34 gram. Harga emas mengalami pergerakan ekstrim pada pekan ini yang mana sempat turun ke level US1.800 per ons beberapa hari setelah memecahkan rekor harga tertinggi. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Harga emas diproyeksikan bisa menembus angka Rp1 juta per gram pada tahun ini lantaran bereaksi terhadap tekanan inflasi yang meningkat sejak awal tahun.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengungkapkan harga emas dunia siap menembus level tertingginya di US$2.075 per troy ounce. Jika dikonversikan dengan nilai tukar Rp14.300 per dolar AS, maka harga logam mulia akan berada di level Rp1.054.100 per gram.

“Harga emas dunia siap tembus di level tertingginya US$2.075. Guna untuk mencapai level harga tertinggi maka harga emas dunia harus menyentuh level resisten US$1.850 per troy ounce kemudian level US$1.877 per troy ounce,” jelas Ibrahim melalui keterangan resmi, Senin (10/5/2021).

Ibrahim menyebutkan rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS) bulan April menjadi salah satu pendorong kenaikan harga emas. Hal ini dikarenakan lapangan kerja yang tercipta pada bulan April 2021 ternyata jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan, sehingga menimbulkan keraguan atas kekuatan pemulihan ekonomi.

Kemudian tingkat pengangguran di AS naik menjadi 6,1 persen dari angkatan kerja, dibandingkan dengan Maret yang mencatatkan angka pengangguran sebesar 6,0 persen.

Selain itu penggelontoran stimulus bank sentral global yang tidak terbatas serta kucuran dana untuk pemerintahan negara adidaya yang begitu fantastis membuat para spekulan kembali mengalihkan dananya ke safe-haven ujar Ibrahim.

Belum lagi kejadian tsunami Covid-19 terjadi di India yang dalam sepekan yang telah menginfeksi 1,5 juta orang. Ibrahim menambahkan bahkan ilmuwan memperkirakan angka tersebut bisa meningkat 10 kali lipat.

Dia menambahkan jika benar terjadi, wabah tersebut merupakan bencana internasional yang lebih mengerikan dari Covid-19 tahun lalu, atau bahkan Perang Dunia II. Apalagi wabah virus varian baru ini telah menyebar ke berbagai negara di Asia.

“Ini tanda-tanda varian Covid-19 akan tumbuh subur kembali pada2021, sehingga ketakutan akan menggerogoti negara-negara yang sebelumnya sudah kembali keluar dari bencana Covid-19,” ujar Ibrahim.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga dasar emas 24 karat ukuran 1 gram hari ini Senin (10/5/2021) dijual senilai Rp937.000.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emas Harga Emas Hari Ini harga emas dunia
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top