Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cari Bekal Transformasi Usaha, Zebra Nusantara (ZBRA) Bakal Rights Issue Tahun Ini

Zebra Nusantara menargetkan proses rights issue akan terlaksana pada pertengahan tahun 2021.
Manajemen PT Trinity Healthcare (THC) dan PT Zebra Nusantara Tbk. (ZBRA) menyampaikan strategi bisnis ke depan. /Ika Fatma-Bisnis.
Manajemen PT Trinity Healthcare (THC) dan PT Zebra Nusantara Tbk. (ZBRA) menyampaikan strategi bisnis ke depan. /Ika Fatma-Bisnis.

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten transportasi PT Zebra Nusantara Tbk. yang diakuisisi PT Trinity Healthcare (THC), akan beralih usaha menjadi emiten yang bergerak di bidang bisnis hulu ke hilir terintegrasi atau integrated end to end supply chain

Bisnis tersebut merupakan bisnis dari anak usaha THC yaitu PT Dos Ni Roha (DNR) atau DNR Corporation yang dimiliki Rudy Tanoesoedibjo yang saat ini memiliki 77,7 persen saham emiten berkode ZBRA itu. 

Sumber dana akuisisi tersebut berasal dari hasil hak memesan efek terlebih dahulu alias rights issue, berdasarkan keterangan dalam acara public expose insidentil yang dilaksanakan di Jakarta pada Selasa (13/4/2021) rencananya akan terlaksana pada pertengahan tahun ini, Juni 2021. 

"Rights issue itu panjang sekali masanya. Jadi kita harapkan selesai sebelum Juni 2021. Akhir Juni harus selesai," kata Anton Tombeng, perwakilan manajemen THC saat acara public expose insidentil yang dilaksanakan pada Selasa (13/4/2021). 

Menurut Anton, perhitungan tersebut berdasarkan peraturan terbaru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang salah satunya membutuhkan laporan keuangan selama enam bulan. 

Sehingga jika dihitung per pelaporan 31 Desember 2020, maka persyaratan laporan akan berakhir pada akhir Juni 2021 mendatang. 

Rudy selaku Direktur Utama DNR Corporation dikesempatan yang sama mengaku optimis rights issue ini akan terlaksana sesuai rencana. 

"Sudah kami hitung, dan itu masuk [rencana rights issue Juni 2021]," ungkap Rudy usai menjelaskan bisnis mendatang Zebra Nusantara pada Selasa (13/4/2021). 

Mengutip prospektus, ZBRA akan melakukan rights issue dengan melepas 3,42 miliar saham baru. Sejumlah 77,7 persen dana dari rights issue digunakan untuk mengakuisisi 99 persen saham DNR Corporation senilai Rp1,08 triliun. 

Adapun persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa untuk rights issue akan dilakukan pada 7 Mei 2021.

Dalam rights issue atau PMHETD II itu, PT Trinity Healthcare (THC), PT European Hospital Development (EHD), PT Jadegreen Equities (JGE), dan PT Holistic Ventures (HV) akan mengambil bagian atas saham baru Zebra. THC, EHD, JGE, dan HV merupakan pemegang saham PT Dos Ni Roha (DNR). 

Masih dalam prospektus, asumsi harga pelaksanaan rights issue Rp406 per saham. Oleh karena itu, ZBRA akan mengantongi dana sekitar Rp1,39 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper