Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BEI Gembok Saham Tifa Finance (TIFA) dan Planet Properindo (PLAN)

BEI menjelaskan bahwa penghentian sementara TIFA dan PLAN tersebut dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Sementara itu, perdagangan efek PLAN-W, atau waran seri 1 PLAN dihentikan diseluruh pasar.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 23 Maret 2021  |  10:03 WIB
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (22/3/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (22/3/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan suspensi sementara terhadap dua saham, yaitu PT KDB Tifa Finance Tbk. (TIFA) dan PT Planet Properindo Jaya Tbk. (PLAN) beserta warannya mulai perdagangan Selasa (23/3/2021).

Dalam keterangannya, BEI menjelaskan bahwa penghentian sementara TIFA dan PLAN tersebut dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Sementara itu, perdagangan efek PLAN-W, atau waran seri 1 PLAN dihentikan diseluruh pasar.

Adapun, penghentian saham TIFA sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan sehingga suspensi dinilai perlu dilakukan dalam rangka cooling down.

Sementara itu, penghentian saham PLAN sehubungan dengan terjadinya penurunan harga kumulatif yang signifikan.

“[Penghentian saham itu] dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham TIFA dan PLAN,” tulis Bursa Efek Indonesia dikutip Selasa (23/3/2021).

Di lantai bursa, pada penutupan perdagangan Senin(22/3/2021) TIFA ditutup di level Rp1.420 per saham, naik 15,45 persen. Dalam 5 hari perdagangan terakhir TIFA naik hingga 68,05 persen. Sepanjang tahun berjalan 2021, TIFA menguat 153,57 persen.

Sementara itu, pada penutupan Senin (22/3/2021) PLAN ditutup di level Rp39, turun 9,3 persen. Dalam 1 bulan terakhir, PLAN terkoreksi 66,95 persen. Sepanjang tahun berjalan 2021, PLAN melemah 62,14 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia suspensi tifa finance planet properindo jaya
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top