Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi IPO, Ulima Nitra (UNIQ) Raih Dana Segar Rp35,4 Miliar

Dana segar yang diperoleh selanjutnya akan digunakan seluruhnya untuk mendanai kebutuhan modal kerja Perseroan
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 08 Maret 2021  |  09:38 WIB
Perwakilan Direksi dan Komisaris PT Ulima Nitra Tbk (UNIQ) dalam seremoni pencatatan saham perdana (IPO) pada Senin, 8 Maret 2021. - Istimewa
Perwakilan Direksi dan Komisaris PT Ulima Nitra Tbk (UNIQ) dalam seremoni pencatatan saham perdana (IPO) pada Senin, 8 Maret 2021. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Ulima Nitra Tbk., berhasil meraup dana segar Rp35,4 miliar dari pasar modal melalui aksi penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada Senin (8/3/2021).

Direktur Bisnis Ulima Nitra Ulung Wijaya mengatakan bahwa dana segar yang diperoleh selanjutnya akan digunakan seluruhnya untuk mendanai kebutuhan modal kerja Perseroan, antara lain membiayai kebutuhan bahan bakar (oil and fuel), biaya perawatan (service ringan) & spare parts, dan lain-lain.

“Hal itu guna mendukung kegiatan operasional perusahaan seperti biaya mess, makan karyawan dan perjalanan dinas, dan kebutuhan operasional lainnya, mengingat bisnis Perseroan yang terbilang human capital intensive,” ujar Ulung, Senin (8/3/2021).

Untuk diketahui, emiten berkode saham UNIQ ini merupakan perusahaan jasa pinjaman alat dan kontraktor terutama di pertambangan, minyak, gas, dan konstruksi. Pelanggan Ulima Nitra saat ini antara lain, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Medco E&P Indonesia, Conocophillips, dan PT Pertamina Gas.

Ke depan, Ulung optimistis terhadap prospek usaha jasa pertambangan dan penyewaan alat berat pertambangan. Hal itu sebagai dampak dari pemulihan ekonomi dunia dan mulai stabilnya harga komoditas dunia.

Adapun, pada penawaran umum perdana UNIQ melepas 300.000.000 saham dengan nilai nominal Rp2 per saham dan harga penawaran saham Rp118. Dengan demikian, UNIQ meraih dana segar dari aksi IPO sebesar Rp35,4 miliar.

Selain itu, perseroan akan menerbitkan saham baru dalam rangka pelaksanaan konversi Perjanjian Utang dengan Opsi Konversi bersamaan dengan aksi IPO itu.

Dengan rincian, senilai Rp40 miliar oleh PT Surya Fajar Capital Tbk sebesar 233.050.800 saham dan PT Surya Fajar Corpora sebesar 105.932.200 saham yang akan dilaksanakan pada tanggal penjatahan atau seluruhnya setara dengan 10,80 persen dari seluruh total modal disetor penuh setelah IPO.

Dengan demikian, total peningkatan modal yang terkumpul adalah sebesar Rp74,5 miliar.

Di sisi lain, perseroan juga akan menyelenggarakan program ESA dengan mengalokasikan sebanyak 9.626.100 saham atau sebanyak 3,21 persen dari saham yang ditawarkan.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek dalam IPO ini adalah PT Surya Fajar Sekuritas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo Ulima Nitra
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top