Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalan Tol Trans Jawa dan Lingkar Jakarta Diminati Investor Asing

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal mengatakan investor asing yang berminat terhadap aset JSMR itu berasal dari Asia hingga dana pensiun dari Eropa.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 08 Maret 2021  |  14:53 WIB
Foto udara Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (27/8/2020). Bisnis - Rachman
Foto udara Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (27/8/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN operator jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyebut investor asing telah banyak memperlihatkan minat untuk menyerap aset jalan tol perseroan sejak 2017.

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal mengatakan investor asing itu berasal dari Asia hingga dana pensiun dari Eropa. Emiten dengan kode JSMR ini disebut telah mulai melakukan penjajakan dengan investor di luar negeri sejak 2017 dalam rangka persiapan investment pool.

“[Peminat dari] strategic investor maupun financial institution. Jadi banyak investor tentu melihat ke Trans Jawa dan Lingkar Jakarta,” kata Donny, Senin (8/3/2021).

Donny menyebut bukan berarti tol di luar Trans Jawa dan Lingkar Jakarta tidak menarik bagi investor. Justru, ruas jalan tol yang trafik rendah biasanya memiliki masa konsesi yang lebih lama hingga 50 tahun dengan IRR (internal rate of return) sama seperti tol dengan trafik tinggi.

Adapun yang menjadi pembeda bagi ruas tol dengan trafik rendah dan tinggi terletak pada kecepatan pengembalian hasil (return). Ruas tol yang memiliki trafik rendah akan lebih lama dalam hal pengembalian hasil namun dikompensasi dengan masa konsesi yang lebih panjang.

“Kalau [return] lebih cepat konsesinya lebih pendek, kalau lebih lambat konsesinya diperpanjang. IRR dari masing-masing ruas relatif mirip,” tutur Donny.

Untuk tahun ini, JSMR menargetkan sebanyak 2-3 ruas jalan tol dapat dilepas dalam rangka recycling asset ke Indonesia Investment Authority (INA) tahun ini. Nilai transaksi itu atau proceeds ditaksir mencapai Rp1,5 triliun—Rp3 triliun tergantung dari valuasi aset yang dilepas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga pt marga lingkar jakarta tol trans jawa
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top