Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pilah-pilih Saham Perusahaan Hary Tanoe, Mana yang Paling Bagus?

Grup MNC tengah memacu sejumlah lini bisnisnya, terutama di sektor media dan properti.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  21:18 WIB
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibja. Bisnis - Himawan L Nugraha
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibja. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Analis lebih menjagokan saham PT Nusantara Media Citra Tbk. ketimbang saham dari unit usaha MNC Group lainnya. 

Di sisi lain, saham yang terkait dengan properti dan pengembangan seperti PT MNC Land Tbk. (KPIG) dan PT MNC Studios Intenational Tbk. (MSIN) belum terlalu direkomendasikan karena bisnis tatap muka saat ini masih berisiko akibat pandemi.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata MNC Lido City yang dilakukan MNC Land memang positif untuk jangka panjang.

Proyek di kawasan seluas 3.000 hektare tersebut bakal dapat mendatangkan pengunjung yang seterusnya akan menambah pendapatan perseroan.

“Tapi di sisi lain kan kita melihat pandemi ini masih ada, apakah dimungkinkan pengunjung yang menjadi target pasar bisa sesuai dengan yang diharapkan,” kata Reza kepada Bisnis, Rabu (3/3/2021).

Prospek pengunjung yang dapat hadir pada tahap awal MNC Lido City, lanjut Reza, bisa dilihat dari kunjungan masyarakat ke beberapa tempat wisata eksisting saat ini.

Adapun mengingat MNC Lido City akan dikerjakan selama 20 tahun, Reza optimistis proyek itu dapat diselesaikan oleh Grup MNC. 

Untuk tahun ini, MNC Land akan memulai pembangunan kawasan music and arts terlebih dahulu. Kawasan ini diprioritaskan karena pembangunannya tidak memakan biaya besar dan akan segera menghasilkan didorong oleh penjualan makanan dan minuman (F&B).

Direktur Utama MNC Land Hary Tanoesoedibjo  menyebut peletakan batu pertama atau ground breaking untuk kawasan music and arts di MNC Lido City akan dilakukan pada 10 Maret 2021.

Selanjutnya emiten dengan kode saham KPIG itu akan memproses pengerjaan Lido World Garden. Menurut Hary, taman yang terinspirasi dari Miracle Garden di Dubai ini juga akan menarik pengunjung untuk tahap awal.

Adapun, pembangunan properti seperti hotel, vila, maupun resor disebut belum akan menjadi prioritas dalam waktu dekat. Alih-alih, KPIG bakal mengembangkan lapangan golf terlebih dahulu karena ingin menangkap momen olahraga yang banyak digandrungi segala usia di masa pandemi.

“Kami ingin bangun lapangan golf dulu karena saat Covid-19 ini semakin banyak orang yang menyukai olahraga golf,” kata Hary Tanoe.

Pada saat bersamaan, baru-baru ini PT MNC Studios Intenational Tbk. juga sudah mulai membangun Movieland di MNC Lido City dengan estimasi belanja modal Rp300 miliar—Rp350 miliar.

Dari seluruh saham Grup MNC, Reza menunjuk saham MNCN yang paling menarik. Pasalnya, bisnis yang terkait dengan media maupun teknologi memiliki perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

“Untuk saat ini, orang sepertinya lebih nyaman membeli konten ketimbang membeli barang seperti properti. Tapi tentu, keinginan untuk merasakan pengalaman riil juga ada,” tutur Reza.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hary tanoe mnc media nusantara citra rekomendasi saham
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top