Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada PP Terbaru Tentang Jalan Tol, Ini Kata Jasa Marga (JSMR)

Selama ini pengembangan dan pengelolaan rest area yang dilakukan Grup Jasa Marga masih mengacu kepada Peraturan Menteri PUPR No.10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  12:37 WIB
Kawasan Tol Jagorawi, GT Gadog terpantau lancar, Jumat (13/11/2020). -   Jasa Marga
Kawasan Tol Jagorawi, GT Gadog terpantau lancar, Jumat (13/11/2020). - Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk. masih menunggu pengesahan Peraturan Menteri PUPR tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan setelah pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah terbaru tentang jalan tol.

Manager Corporate Adm. & Communication Jasamarga Related Business Rahavica Putri menjelaskan selama ini pengembangan dan pengelolaan rest area yang dilakukan Grup Jasa Marga masih mengacu kepada Peraturan Menteri PUPR No.10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol.

“Terkait pengembangan rest area terpadu, kami masih menunggu pengesahan Peraturan Menteri PUPR tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Rest Area,” kata Rahavica kepada Bisnis, Selasa (23/2/2021).

Baru-baru ini, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol sebagai bagian dari UU Cipta Kerja.

Di dalam aturan baru itu disebutkan perusahaan operator jalan tol harus mengakomodasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) untuk meningkatkan partisipasinya di rest area.

“Untuk memberikan kepastian dan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha UKM, Badan Usaha harus mengalokasikan lahan paling sedikit 30 persen dari total luas lahan area komersial untuk UKM,” tulis beleid tersebut.

Adapun, emiten dengan kode saham JSMR itu lewat PT Jasamarga Related Business menganggarkan belanja modal atau capital expenditure senilai Rp90 miliar untuk pengembangan rest area tahun ini.

Pengembangan rest area itu akan dilakukan di beberapa ruas jalan tol Jasa Marga Group, antara lain Surabaya-Mojokerto, Gempol-Pasuruan, dan Pandaan-Malang, serta penataan rest area di ruas Palikanci.

PT Jasamarga Related Business merupakan entitas anak JSMR yang bergerak di bidang usaha non jalan tol. Lini bisnis perseroan mencakup pengembangan properti, pengembangan dan pengelolaan rest area di seluruh Indonesia, pengelolaan unit iklan dan utilitas, pengembangan bisnis digital, serta building management.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga peraturan pemerintah
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top