Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten Menara Grup Saratoga Sedia Capex Rp5,95 Triliun, Buat Apa?

Belanja modal disiapkan Tower Bersama untuk ekspansi organik maupun akuisisi menara.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  16:58 WIB
Halaman muka Laporan Tahunan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk 2016. - towerbersama
Halaman muka Laporan Tahunan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk 2016. - towerbersama

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten menara telekomunikasi PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. mengalokasikan belanja modal senilai total Rp5,95 triliun pada tahun ini untuk mengejar pertumbuhan secara organik maupun anorganik.

Direktur Keuangan Tower Bersama Infrastructure Helmy Yusman Santoso mengatakan total belanja modal senilai Rp5,95 triliun.

“Alokasi capex adalah untuk akuisisi menara PT Inti Bangun Sejahtera Tbk. sebesar Rp3,95 triliun plus alokasi untuk capex organic growth sebesar Rp2 triliun,” kata Helmy kepada Bisnis, Selasa (16/2/2021).

Emiten dengan kode saham TBIG ini akan mengakuisisi 3.000 menara dari PT Inti Bangun Sejahtera Tbk. (IBST) senilai Rp3,95 triliun. Transaksi itu akan dilakukan oleh anak usaha yaitu PT Tower Bersama. 

TBIG ini pun akan meminta restu dari pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diadakan pada 9 Maret 2021 karena nilai rencana transaksi melebihi 50 persen dari nilai ekuitas perseroan per September 2020.

Helmy melanjutkan, pendanaan untuk akuisisi. menara dari IBST berasal dari kas internal dan pinjaman perbankan yang saat ini sudah ada fasilitasnya.

Hingga akhir kuartal III/2020, TBIG memiliki total 16.215 site menara dengan 31.703 penyewa. 

Sementara untuk tahun ini, perseroan menargetkan penambahan 7.400 penyewa dengan perincian 4.400 penyewa berasal dari akuisisi dan 3.000 penyewa dari ekspansi secara organik.

“Target kami adalah total tenant, bukan site, karena yang berkontribusi ke pendapatan adalah jumlah tenant-nya,” jelas Helmy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tower bersama capex Kinerja Emiten
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top