Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Marek Dietl

Marek Dietl

Kepala Bursa Saham Warsawa
email Lihat artikel saya lainnya

Pertumbuhan Investasi Eropa Tengah

Saat ini kekuatan Polandia dan seluruh negara Eropa Tengah dan Timur (ETT) berdasar pada bertumbuhnya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi.
Bisnis.com - 04 Februari 2021  |  11:12 WIB
Layar papan perdagangan di bursa Eropa - Bloomberg
Layar papan perdagangan di bursa Eropa - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Perekonomian dan pasar modal dunia diterjang ketidakpastian akibat pandemik virus Corona. Namun di sisi lain terbukti menguntungkan pasar saham. Faktor ketidakpastian itulah yang menjadi pendorong pergerakan pada pasar saham untuk level jangka panjang.

Contoh paling nyata terjadi di Bursa Efek Warsawa (GPW). Pada 2020 GPW menjadi pasar saham kedua di Eropa yang mencatatkan pertumbuhan likuiditas. Tahun ini merupakan tahun perayaan bagi GPW, karena pada 16 April nanti kami merayakan 30 tahun sejak pembukaan perdana.

Angka-angka merupakan penanda yang jelas bagaimana GPW melakukan lompatan jauh dalam beberapa periode terakhir. Sebagai perbandingan, proses yang dibutuhkan Korea Selatan memakan waktu 55 tahun. Sebagai pemimpin regional, kapitalisasi GPW saat ini 12 miliar euro, lebih besar daripada bursa efek Wina maupun pasar saham lainnya di Eropa Tengah dan Timur.

Perusahaan-perusahaan yang terkapitalisasi di GPW bernilai lebih dari 235 milliar euro. Saat ini kekuatan Polandia dan seluruh negara Eropa Tengah dan Timur (ETT) berdasar pada bertumbuhnya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. Sebagaimana mereka bertumbuh, kapital pun diperlukan.

Berdasarkan data estimasi Dana Pengembangan Polandia (PDF) dan Dealroom co. sepanjang 2015—2019, startup dari kawasan ETT mengalami pertumbuhan, khususnya modal ventura, mencapai US$1,8 miliar. Hal ini menandakan adanya potensi yang cukup besar dari sektor teknologi dan ekonomi di wilayah ETT, sehingga mereka mengharapkan imbal balik yang besar kelak.

Juga penting untuk dicatat bahwa sektor perbankan tetap membiayai 90% perekonomian di kawasan kami, terutama untuk perusahaan yang sudah mapan. Di sisi lain dana yang dikucurkan dari Uni Eropa lebih ditujukan untuk sektor infrastruktur. Batasan terhadap akses modal bagi perusahaan baru ini akhirnya mengalihkan fokus mereka kepada pasar saham.

Para perusahaan yang juga disebut ‘pemenang Covid’ ini umumnya produsen gim, kesehatan, dan teknologi. Selama pandemi, ketika akses terhadap pinjaman menjadi lebih sulit, mereka memiliki kesempatan lebih baik untuk mendapatkan modal dari para investor melalui pasar saham.

Alhasil ETT memiliki potensi yang jauh lebih pesat dari seluruh wilayah Uni Eropa dengan tantangan besarnya, yaitu fragmentasi. Tak mudah bersaing secara individu dengan negara-negara Eropa Barat.

Dibutuhkan integrasi untuk menarik investor ke dalam kawasan kami. Saya berharap banyak pada Perserikatan Pasar Saham milik Uni Eropa yang telah menggelontorkan dana pemulihan sejak 2014.

Kesempatan besar lainnya adalah Inisiatif Three Seas yang dibentuk pada 2015 dengan tujuan memperkuat kerja sama antara negara-negara di kawasan Laut Adriatik, Baltik, dan Hitam, terutama di sektor digitalisasi, energi, dan transportasi.

Saya percaya bahwa GPW sebagai salah satu dari 25 pasar saham terbaik dunia harus memainkan peran dan mendukung pembangunan kawasan. Telah lama kami mengembangkan kerja sama melalui inisiatif Three Seas untuk menggaet investor.

Pada akhir 2019 kami meluncurkan indeks CEE Plus berdasarkan nilai terbesar dan terlancar dari portofolio yang terdaftar di masing-masing negara Visegrad (Polandia, Hungaria, Republik Ceko, dan Slovakia) serta di Kroasia, Rumania, dan Slovenia.

Meningkatnya peran dan signifkansi GPW dibuktikan berdasarkan data yang dirilis oleh Federation of European Securities Exchanges (FESE). GPW mendapatkan peringkat sebagai pasar saham terbaik kedua di Eropa dalam hal pertumbuhan likuiditas yang diukur berdasarkan nilai perbandingan dari penjualan.

Bersama dengan pasar saham maju lainnya seperti Swiss, kami juga memimpin pasar saham Eropa di bidang nilai imbal hasil.

Menurut penulis, telah banyak perusahaan-perusahaan di kawasan yang cukup siap masuk ke pasar publik, baik unicorn maupun kandidatnya. WIG20 yang merupakan indeks penting dalam GPW memiliki karakteristik yang sama seperti halnya dalam struktur ekonomi di Amerika Serikat atau Korea Selatan di mana teknologi menjadi salah satu fokus utama.

Pada Oktober tahun lalu terukir capaian sebagai negara yang paling banyak mendaftarkan perusahaan gim, seperti gencar dilakukan bursa Tokyo. Total kapitalisasi dari sektor gim Polandia berkisar US$10 milliar.

Fakta bahwa pasar saham Polandia masuk kelompok pasar maju menjadi magnet bagi para investor global sebagaimana terlihat dari debut Allegro (valuasi lebih 2 milliar euro) sekaligus terbesar selama kurang lebih 10 tahun di ETT maupun dunia pada tahun lalu.

Akumulasi dari potensi, keinginan untuk sukses, pendekatan inovatif dan kondisi finansial yang atraktif menjadi suatu landasan penting bagi pasar saham di kawasan kami di tengah ketidakpastian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar saham Virus Corona Pasar Saham Eropa
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top