Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

General Atlantic Investasi Sekitar Rp770 Miliar di Kalbe Genexine Biologics

KGBio sebuah perusahaan induk biologi terintegrasi, mengumumkan bahwa General Atlantic, firma ekuitas global, akan menginvestasikan US$ 55 juta sebagai modal utama di perusahaan.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  08:21 WIB
Kantor PT Kalbe Farma Tbk. - kalbe
Kantor PT Kalbe Farma Tbk. - kalbe

Bisnis.com, JAKARTA - General Atlantic menginvestasikan dana US$55 juta di Kalbe Genexine Biologics (KGBio). Dengan estimasi kurs Rp14.000 per dolar AS, nilai investasi itu setara dengan Rp770 miliar.

Dalam keterangan resmi General Atlantic yang dikutip Rabu (27/1/2021), KGBio sebuah perusahaan induk biologi terintegrasi, mengumumkan bahwa General Atlantic, firma ekuitas global, akan menginvestasikan US$ 55 juta sebagai modal utama di perusahaan.

Investasi ini akan mendukung pengembangan klinis dan kebutuhan komersialisasi KGBio yang sedang berlangsung, rencana akuisisi aset, dan upaya perluasan kapasitas produksi.

Ambisi KGBio adalah untuk memainkan peran utama dalam meningkatkan ketersediaan obat biologis dan biosimilar di kawasan Asia Tenggara. Didirikan sebagai usaha patungan antara PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) dan Genexine, perusahaan bioteknologi tahap klinis terkemuka di Korea Selatan, KGBio memiliki posisi untuk pertumbuhan strategis.

Kombinasi faktor-faktor, termasuk kendala keterjangkauan dan kurangnya kemampuan manufaktur lokal, telah memperlambat penetrasi biologi di wilayah tersebut.

Biologi telah muncul sebagai kategori penting dalam pengembangan obat selama 20 tahun terakhir, dengan terobosan kemajuan dalam manajemen penyakit, terutama di bidang-bidang seperti imunonokologi, area fokus utama untuk Kalbe Group dan KGBio.

KGBio telah membangun kapabilitas yang kuat dalam pengembangan klinis dan manufaktur serta berencana untuk memanfaatkan kekuatan Kalbe Farma dalam distribusi dan jaringan global untuk membuat portofolio biologi yang besar untuk wilayah Asia Tenggara.

Presiden Komisaris Kalbe Farma Irawaty Setiady mengatakan biologi adalah kunci pertumbuhan bagi Grup Kalbe. Sebagai organisasi yang digerakkan oleh penelitian dan pengembangan (litbang), perusahaan berkomitmen untuk menghadirkan inovasi global dalam pengobatan serta meningkatkan aksesibilitas dan keterjangkauan obat-obatan penting bagi pasien di seluruh kawasan Asia Tenggara.

"Kami menyambut baik kesempatan untuk bermitra dengan General Atlantic, investor global terkemuka dalam ilmu hayati, untuk membantu mewujudkan visi kami di Asia Tenggara dan sekitarnya.”

Managing Director dan Head of India & Southeast Asia General Atlantic Sandeep Naik menuturkan perusahaan mengagumi visi KGBio untuk menghadirkan produk biologis berkualitas tinggi yang terjangkau ke Asia Tenggara dan berharap dapat bekerja sama dengan Kalbe Farma dan Genexine untuk memajukan misi ini.

"Dengan momentum signifikan yang ada, kami yakin KGBio diposisikan untuk menjadi platform biologi terkemuka di kawasan Asia Tenggara seiring dengan perkembangan Perusahaan.”

CEO Genexine dan Komisaris KGBio Dr. Sung Young-Chul menambahkan General Atlantic bergabung sebagai partner di KGBio. Genexine berbagi visi Kalbe Farma untuk menciptakan platform bioteknologi terkemuka untuk wilayah Asia Tenggara.

"Kemitraan kami dengan Kalbe untuk menghadirkan inovasi bioteknologi global terkemuka sejauh ini sangat sukses, dan kami menantikan fase pertumbuhan berikutnya karena aliansi baru ini membantu kami mencapai tujuan kami lebih dekat,” imbuhnya.

Menurut Direktur Kalbe Farma dan CEO KGBio Sie Djohan, kemitraan dengan General Atlantic merupakan tonggak baru dalam lintasan pertumbuhan KGBio di luar Indonesia dan Asia Tenggara.

Sebagai pemain global dalam ilmu biologi, General Atlantic menghadirkan jaringan luas dan keahlian mendalam dalam inovasi yang ingin dimanfaatkan KGBio.

"Setelah membuat kemajuan besar dalam pengembangan klinis, persetujuan peraturan, dan komersialisasi molekul baru dan biosimilar kami, kami bertujuan untuk lebih memperluas portofolio dan jangkauan kami dengan dukungan Genexine dan General Atlantic sebagai mitra kami.”


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi emiten farmasi kalbe farma
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top