Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Gambaran Telkom (TLKM) Soal Satu Data Pascapandemi Covid-19

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menuturkan momentum vaksinasi menggunakan satu data akan menjadi milik negara yang dilanjutkan memperkaya data yang sudah dimiliki pemerintah.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  14:45 WIB
Komplek perkantoran Telkom Hub milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. - telkom
Komplek perkantoran Telkom Hub milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. - telkom

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) menargetkan penggunaan satu data pascavaksinasi Covid-19 dapat digunakan untuk kepentingan lebih jauh. Kepentingannya ke depan untuk membangun Indonesia menjadi negara digital.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menuturkan momentum vaksinasi menggunakan satu data akan menjadi milik negara yang dilanjutkan memperkaya data yang sudah dimiliki pemerintah.

"Momentum ini digunakan untuk membangun satu data nasional, milik negara, salah satunya menggunakan momentum vaksinasi ini memperkaya data yang ada, ketika negara mau transformasi jadi digital keberadaan satu data itu perlu dan akurat," katanya Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, satu data ini tidak hanya dibutuhkan oleh pemerintah tetapi juga berbagai sektor lainnya, seperti industri, BUMN, swasta dan masyarakat umum. Dia menjanjikan guna mewujudkan satu data ini tidak membutuhkan waktu lama lagi.

Emiten bersandi TLKM ini terangnya menjadi bagian dari banyak upaya bangun satu data baik yang dilakukan pihak pemerintah, instansi terkait, maupun swasta dan dari masyarkaat luas. Kuncinya, masyarakat harus mau untuk selalu memperbaharui datanya sehingga satu data ini selalu akurat.

Covid-19 terangnya, telah membantu mempercepat transformasi ke arah digital bahkan dalam beberapa riset mempercepat adaptasi hingga 7 tahun. Setelah Covid-19 ini akan banyak kebiasaan yang terbawa seperti kebiasaan video conference dan mengurangi pertemuan fisik.

Kegiatan tanpa kontak seperti belanja melalui lokapasar, maupun pengiriman logistik pun akan terus marak. Seluruh sektor ekonomi pun terus mengarah ke digitalisasi.

"Di Telkom kami sudah dan sedang membangun platform horizontal, membangun konektivitas, kami masuk tahun ini 5G, IoT, big data, vertikal, masuk dari kesehatan, logistik, dan UMKM," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom Vaksin Covid-19
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top