Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Depan, Emiten Media Grup Bakrie (VIVA) Genjot Penonton Milenial

PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) berencana melebarkan pangsa pasarnya, terutama dalam mengisi kekosongan jangkauan pada beberapa grup pemirsa.
Direktur Visi Media Asia Sahid Mahudie dalam Paparan Publik VIVA, Rabu (30/12/2020).
Direktur Visi Media Asia Sahid Mahudie dalam Paparan Publik VIVA, Rabu (30/12/2020).

Bisnis.com, JAKARTA—Emiten media PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) akan fokus membidik khalayak wanita dan milenial pada 2021 mendatang.

Direktur Visi Media Asia Sahid Mahudie memaparkan stasiun televisi free to air (FTA) yang berada dalam naungan VIVA, yakni ANTV dan tvOne sejauh ini mampu membidik pangsa pemirsa yang beragam dengan dengan karakteristik masing-masing.

Untuk ANTV, didominasi pemirsa wanita dengan mayoritas pemirsa berusia 35 tahun ke atas dan berasal dari SES (Socio economic status) menengah ke bawah yakni kategori middle 1, middle 2, dan lower.

Sementara tvOne mayoritas disaksikan pemirsa laki-laki berusia 35 ke atas dengan kelas ekonomi atas yakni kategori upper 1 dan upper 2. Adapun, tvOne juga berhasil menjadi tv berita dengan tv share paling tinggi selama periode 1 Januari—30 November 2020 yakni 3,6.

“Positioning ANTV dan tvOne sangat jelas. Jadi memang kita punya dua stasiun TV dengan target audience berbeda,” ujarnya dalam paparan publik, Rabu (30/12/2020)

Kendati demikian, perseroan berencana melebarkan pangsa pasarnya, terutama dalam mengisi kekosongan jangkauan pada beberapa grup pemirsa.

Sahid mengatakan, strategi baru 2021 mendatang untuk FTA grup VIVA salah satunya adalah meningkatkan jangkauan (reach) untuk pemirsa wanita dan pemirsa dengan usia lebih muda atau kaum milenial untuk tvOne.

Untuk itu, tvOne meluncurkan sejumlah program baru yang sudah mulai berjalan di paruh kedua tahun ini yakni program acara bincang-bincang (talkshow) bertajuk Saatnya Perempuan Berbicara dan program musik One Fest.

“Saatnya Perempuan Bicara performance-nya so far cukup baik, diharapkan di 2021 bisa semakin menguat. Program anak muda kita siapkan One Fest,” tutur dia.

Inisiatif lain yang tengah dilakukan VIVA adalah menggenjot platform digital perseroan. Sejauh ini, VIVA memiliki viva.co.id dan VIVA Networks yang melingkupi Intip Seleb, Sahijab, Jago Dangdut, dan VLIX serta dua aplikasi selular VIVA Mobile dan tvOne Connect.

“Produk digital ini ditujukan memikat pemirsa milenial, karena memiliki kekosongan di reach group demografi muda dan ini akan diusahakan diisi oleh viva.co.id dan VIVA Networks dan apps,” jelasnya.

Dia menyebut sejauh ini upaya tersebut membuahkan hasil. Tercatat, selama periode 1 Januari—30 November 2020 ini VIVA Networks berhasil meraup 1,3 miliar total pageviews dengan 665 juta total visit dan 174,6 total unique visitor.

Sementara itu, aplikasi selular VIVA Mobile telah diunduh sebanyak 1,4 juta kali dengan rata-rata screen time 4,37 menit dan 10,55 juta kali tayangan video dan tvOne Connect telah diunduh 1,14 juta kali dengan 133.000 kali tayangan video.

“Ini performance yang cukup baik mengingat banyak di antaranya yang baru diluncurkan 2020 ini,” pungkas Sahid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper