Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Pasar Uang atau Campuran, Siapa Jawara Reksa Dana 2020?

Reksa dana pendapatan tetap pun menjadi satu-satunya indeks reksa dana yang outperform dari indeks acuan.
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Reksa dana pendapatan tetap siap kembali menjadi jawara instrumen reksa dana paling moncer pada 2020.

Berdasarkan data Infovesta Utama hingga pekan ketiga Desember 2020, kinerja indeks reksa dana pendapatan tetap yang tercermin lewat Infovesta Fixed Income Fund Index paling unggul pada level 9,13 persen sejak awal tahun atau secara year to date (ytd). Posisi itu lebih baik dibandingkan dengan indeks acuannya sebesar 7,80 persen.

Kinerja indeks reksa dana pendapatan tetap pun menjadi satu-satunya indeks reksa dana yang outperform dari indeks acuan.

Selanjutnya indeks reksa dana pasar uang yang tercermin lewat Infovesta Money Market Fund Index berada pada level 4,46 persen atau di bawah indeks acuan suku bunga lembaga penjamin simpanan (LPS) sebesar 5,03 persen.

Indeks reksa dana campuran yang tercermin lewat Infovesta Balanced Fund Index tercatat sebesar 1,21 persen juga tidak lebih baik dibandingkan dengan indeks acuannya sebesar 3,43 persen.

Indeks reksa dana saham yang tercermin lewat Infovesta Equity Fund Index menjadi satu-satunya indeks reksa dana yang tertahan di zona merah dengan koreksi 7,77 persen. Posisi itu jauh di bawah kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) yang turun 3,10 persen.

Sebelumnya, Direktur Pinnacle Investment Guntur Putra mengatakan kinerja reksa dana pendapatan tetap sangat tergantung dengan strategi masing-masing produk reksa dana itu sendiri, karena terdiri atas dua jenis aset dasar yakni obligasi negara dan obligasi korporasi.

Guntur menunjukkan risiko kredit obligasi korporasi meningkat pada masa pandemi. Dengan demikian, reksa dana yang menggunakan underlying asset ini harus menyeimbangkan antara risiko kredit dan potensi imbal hasil.

Untuk reksa dana pendapatan tetap yang berbasis obligasi negara, lanjut dia, manajer investasi biasanya menggunakan strategi active duration play dan masih positif secara ytd hingga akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper