Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Axiata (EXCL) Prediksi Lalu Lintas Data Nataru Naik 10 Persen

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa perseroan meningkatkan kapasitas jaringan yang dimiliki sebesar dua kali lipat untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi data.
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. memperkirakan terjadi peningkatan lalu data sekitar 10 persen pada hari liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dibandingkan dengan hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa perseroan meningkatkan kapasitas jaringan yang dimiliki sebesar dua kali lipat untuk mengantisipasi lonjakan tersebut.

Meski masyarakat tidak bisa merayakan Natal dan pergantian tahun, kata Darmayusa, mereka akan tetap merayakannya secara virtual, termasuk umat Nasrani akan melalukan misa Natal dan bersilaturahmi secara streaming.

“Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, kami tetap menyiapkan jaringan seperti di saat kondisi normal sebelum pandemi,” kata Gede dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (17/12/2020).

Dia menambahkan perseroan juga akan meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi-lokasi tujuan wisata dan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api.

Untuk itu, tim XL Axiata telah melaksanakan uji jaringan melalui semua jalur transportasi tersebut pada bulan November - Desember 2020 untuk memastikan semua jaringan telah siap.

Untuk jalan tol, uji jaringan dilaksanakan pada ruas Jakarta – Surabaya, Jakarta – Bandung, Surabaya – Malang, Surabaya – Probolinggo, Jakarta - Bakaheuni, serta Bakaheuni – Palembang.

Sementara itu untuk jalur kereta, pengujian dilakukan di jalur Jakarta – Semarang – Surabaya, Jakarta – Yogyakarta – Surabaya, Surabaya – Banyuwangi, dan Surabaya – Bandung.

Hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama tersebut menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata yang cukup baik, yaitu di atas 95 % telah terlayani oleh jaringan 4G dan 93 % bersinyal kuat.

XL Axiata juga menyiapkan 30 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok.

Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.

Secara umum, terdapat 104 lokasi wisata yang menjadi perhatian tim XL Axiata, yang berpotensi terjadi peningkatan trafik.

“XL Axiata juga tetap memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di area pemukiman. Bagaimana pun juga, selama masa pandemi trafik di area pemukiman masih terus tinggi,” kata Darmayusa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper