Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Axiata (EXCL) Prediksi Lalu Lintas Data Nataru Naik 10 Persen

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa perseroan meningkatkan kapasitas jaringan yang dimiliki sebesar dua kali lipat untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi data.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 18 Desember 2020  |  05:23 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. memperkirakan terjadi peningkatan lalu data sekitar 10 persen pada hari liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dibandingkan dengan hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa perseroan meningkatkan kapasitas jaringan yang dimiliki sebesar dua kali lipat untuk mengantisipasi lonjakan tersebut.

Meski masyarakat tidak bisa merayakan Natal dan pergantian tahun, kata Darmayusa, mereka akan tetap merayakannya secara virtual, termasuk umat Nasrani akan melalukan misa Natal dan bersilaturahmi secara streaming.

“Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, kami tetap menyiapkan jaringan seperti di saat kondisi normal sebelum pandemi,” kata Gede dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (17/12/2020).

Dia menambahkan perseroan juga akan meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi-lokasi tujuan wisata dan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api.

Untuk itu, tim XL Axiata telah melaksanakan uji jaringan melalui semua jalur transportasi tersebut pada bulan November - Desember 2020 untuk memastikan semua jaringan telah siap.

Untuk jalan tol, uji jaringan dilaksanakan pada ruas Jakarta – Surabaya, Jakarta – Bandung, Surabaya – Malang, Surabaya – Probolinggo, Jakarta - Bakaheuni, serta Bakaheuni – Palembang.

Sementara itu untuk jalur kereta, pengujian dilakukan di jalur Jakarta – Semarang – Surabaya, Jakarta – Yogyakarta – Surabaya, Surabaya – Banyuwangi, dan Surabaya – Bandung.

Hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama tersebut menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata yang cukup baik, yaitu di atas 95 % telah terlayani oleh jaringan 4G dan 93 % bersinyal kuat.

XL Axiata juga menyiapkan 30 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok.

Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.

Secara umum, terdapat 104 lokasi wisata yang menjadi perhatian tim XL Axiata, yang berpotensi terjadi peningkatan trafik.

“XL Axiata juga tetap memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di area pemukiman. Bagaimana pun juga, selama masa pandemi trafik di area pemukiman masih terus tinggi,” kata Darmayusa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata Natal dan Tahun Baru Emiten Telekomunikasi
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top