Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejutan Mnuchin Bikin Wall Street Tancap Gas Lagi

Wall Street kembali bergairan setelah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengajukan proposal stimulus bantuan Covid-19 senilai US$916 miliar kepada Ketua DPR Nancy Pelosi. Hal itu membangkitkan harapan bahwa stimulus yang dinanti-nanti akan datang.
Aktivitas perdagangan saham di New York Stock Exchange. Wall Street kembali mencetak rekor tertinggi setelah reli saham-saham teknologi, Selasa (1/9/2020)./Bloomberg
Aktivitas perdagangan saham di New York Stock Exchange. Wall Street kembali mencetak rekor tertinggi setelah reli saham-saham teknologi, Selasa (1/9/2020)./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa saham Amerika Serikat (AS) dibuka menguat seiring dengan ekspektasi pelaku pasar terhadap kesepakatan paket stimulus senilai hampir satu triliun dolar AS.

Berdasarkan data bloomberg, pada perdagangan hari ini, Rabu (9/12/2020), indeks S&P 500 dibuka menguat 0,2 persen pada pukul 21.30 WIB atau 09.30 Waktu New York. Sementara itu, indeks Dow Jones melonjak 0,45 persen dan indeks Nasdaq Composte naik 0,33 persen pada awal perdagangan hari ini.

Kinerja Wall Street di awal perdagangan hari ini membuka kesempatan bagi indeks S&P 500 menuju pemecahan rekor selanjutnya. Saham Tesla Inc sedikit berubah setelah JPMorgan Chase & Co Mengatakan bahwa valuasi produsen mobil listrik itu terlalu mahal. JP Morgan juga menyarankan investor untuk peka terhadap saham-saham yang berpotensi bangkit seiring dengan pemulihan ekonomi.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengajukan proposal stimulus bantuan Covid-19 senilai US$916 miliar kepada Ketua DPR Nancy Pelosi.

Pelosi dan pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer menilai hal tersebut sebagai kemajuan, meskipun hal tersebut tidak boleh digunakan untuk menghalangi negosiasi bipartisan yang sudah berlangsung atas proposal dari sekelompok anggota parlemen Demokrat dan Republik.

"Proposal ini termasuk uang untuk negara bagian dan lokal, serta perlindungan tanggung jawab yang kuat untuk bisnis, sekolah dan universitas," kata Mnuchin 

 seperti dikutip dari Bloomberg Rabu (9/12/2020). 

Di sisi lain, indeks teknologi Russell 2000 telah mengalami penurunan pada kuartal ini, sebagian besar melampaui Indeks NYSE FANG + dari raksasa seperti Apple Inc. dan Facebook Inc. 

Pertanyaan bagi investor adalah berapa lama perusahaan teknologi yang lebih kecil dapat terus mengalahkan rekan-rekan mereka yang lebih besar. Indeks Russell berisi saham dengan kapitalisasi pasar yang kecil.

Berikut perkembangan pasar terkini : 

Saham

  • S&P 500 menguat 0,2 persen pada 9:30 pagi waktu New York.
  • Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,6 persen.
  • MSCI Asia Pacific Index naik 0,7 persen.

Mata Uang

  • Indeks Spot Dolar Bloomberg turun 0,2 persen.
  • Euro naik 0,1 persen menjadi $ 1,2115.
  • Pound Inggris naik 0,6 persen menjadi $ 1,3434.
  • Yen Jepang sedikit berubah pada 104,19 per dolar.

Obligasi

  • Hasil pada Treasury 10-tahun meningkat dua basis poin menjadi 0,94 persen.
  • Imbal hasil 10-tahun Jerman naik kurang dari satu basis poin menjadi -0,60 persen.
  • Imbal hasil 10-tahun Inggris naik satu basis poin menjadi 0,27 persen.

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,7 persen menjadi $ 45,94 per barel.
  • Emas melemah 0,8 persen menjadi $ 1,855.01 per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rivki Maulana
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper