Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHSG Dibuka Menguat, Saham Batu Bara HRUM hingga ITMG Memanas

Pada pukul 09.00 WIB, IHSG menguat 0,67 persen atau 38,27 poin menjadi 5.763,01. Sejumlah saham batu bara menjadi top gainers, seperti FIRE, HRUM, dan ITMG.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  09:05 WIB
Aktivitas pertambangan batu bara kelompok usaha PT Indo Tambangraya Megah Tbk.  - itmg.co.id
Aktivitas pertambangan batu bara kelompok usaha PT Indo Tambangraya Megah Tbk. - itmg.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Rabu (2/12/2020) mengikuti tren bursa global.

Pada pukul 09.00 WIB, IHSG menguat 0,67 persen atau 38,27 poin menjadi 5.763,01. Sejumlah saham batu bara menjadi top gainers, seperti FIRE, HRUM, dan ITMG.

Saham FIRE, sebagai jawara sementara, menguat 16,07 persen menuju Rp650. Selanjutnya, saham GMFI, yang kemarin direkomendasikan Ustaz Yusuf Mansur, kembali menguat 11,72 persen.

Di urutan ketiga top gainers, saham HRUM naik 8,96 persen menjadi Rp3.040. Kemudian, saham ITMG turut memanas 3,26 persen ke level Rp14.250.

Pada perdagangan kemarin, IHSG bergerak agresif sejak awal perdagangan hingga akhirnya parkir di level 5.742,74 setelah menguat 2 persen. Penguatan didorong oleh sektor aneka industri yang naik 3,91 persen dan industri dasar yang naik 3,17 persen.

Analis Artha Sekuritas Dennies Chistopher menyebut indeks komposit juga tertolong oleh indeks PMI Indonesia November yang naik ke level 50,5 dari level 47,8 dari periode Oktober, serta data inflasi Indonesia yang cukup baik. Berita terkait vaksin covid juga turut mengurangi kecemasan investor.

Dennies memproyeksikan IHSG akan kembali menguat pada perdagangan hari ini. Menurutnya, secara teknikal pergerakan indeks masih akan menguat dalam trend bullish yang kuat.

“Terutama menjelang akhir tahun akan didorong oleh window dressing,” kata Dennies dalam risetnya, yang dikutip Bisnis, Rabu (2/12/2020).

Dia juga menyebut hari ini investor akan terus mencermati perkembangan kasus dan vaksin covid-19. Selain itu, investor akan mencermati pernyataan The Fed terkait perekonomian ke depan.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji mengatakan berdasarkan indikator, MACD, stochastic maupun RSI menunjukkan sinyal positif. Di sisi lain, terlihat pola bullish inside bar yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG.

“Sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat,” kata Nafan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG saham batu bara
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top